Skip to content
Home » Niat Haji Doa Berangkat ke Arafah dan Doa Waktu

Niat Haji Doa Berangkat ke Arafah dan Doa Waktu

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Berbicara mengenai ibadah haji, kita pasti tak bisa lepas dari doa-doa yang senantiasa harus kita panjatkan dalam setiap perjalanan kita. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai niat haji doa berangkat ke arafah dan doa waktu sebagai bagian dari persiapan kita menjalani ibadah haji.

Niat Haji

Niat haji adalah tekad yang diikrarkan oleh seseorang dalam hati untuk menunaikan ibadah haji dengan sungguh-sungguh. Niat ini harus kita panjatkan sejak awal memulai persiapan hingga tibanya di tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji.

Berikut adalah beberapa contoh niat haji yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW:

  • Nawaitu alhajja lillahi ta’aala

Artinya: "Aku berniat haji karena Allah Ta’ala."

  • Nawaitu alhajja wal ‘umrata lillahi ta’aala

Artinya: "Aku berniat haji dan umrah karena Allah Ta’ala."

  • Tammu niat haji yang berasal dari hati, di mana seseorang dengan sungguh-sungguh merindukan untuk pergi ke tanah suci demi menunaikan ibadah haji dan meraih ridha Allah SWT.

Doa Berangkat ke Arafah

Saat berangkat menuju Arafah, terdapat beberapa doa yang dianjurkan untuk kita panjatkan. Berikut adalah doa Haji yang dianjurkan untuk dibaca saat berada di Arafah:

  • Laa ilaaha illallahu wahdahu laa syariika lahu, lahul mulku walahul hamdu yuhyii wayumiitu wahuwa hayyun laa yamuutu biyadihil khoiru wahuwa alaa kulli syai-in qadiir.

Artinya: "Tidak ada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Pada-Nya lah kerajaan dan segala pujian. Dialah yang menghidupkan dan mematikan. Di tangan-Nya lah segala kebaikan dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu."

  • Allahumma inna nas’aluka fii safarinaa hadzaal birrata wattaqwaa, wamina’amlitallathee tarzu, Allahumma hawwin alainaa safarinaa hadzaa wathwi ‘annaa bu’dahu, Allahumma anta wasi’ualnaa fatuqobba lanaa minnakal ‘afwawarrah.
BACA JUGA:   Doa Melepas Orang Berangkat Haji: Mendoakan Kelancaran Ibadah Haji Anda

Artinya:

"Ya Allah, kami mohon kepada-Mu kebaikan dan takwa dalam perjalanan kami ini. Dan kami mohon kepada-Mu kelapangan dalam perjalan ini dan memudahkan kami dalam perjala ini. Ya Allah, Engkau Maha Luas rizki dan ampunan-Mu adalah luas. Mohon pahala bagi kami. Berilah kami keberkahan dalam perjalanan ini. Tolonglah kami dalam segala hal dalam perjalanan ini."

Doa Waktu

Ketika melakukan ibadah haji, tentunya juga harus melakukan beberapa doa sesuai dengan waktu tertentu, berikut panduan doa haji yang harus dilakukan selama masa haji:

Doa Setelah Melakukan Tawaf Wada

Setelah melaksanakan tawaf wada, kita harus memanjatkan doa yang ringkas namun sangat bermakna sebagai simbol pendekatan diri kita kepada Allah SWT dan sebagai doa perpisahan dengan Ka’bah.

  • Allahumma antash-shaadi wal-mashuudi, Allahumma antal-kholiiqu wal-makhuudu, Allahummah inii as-aluka fadh-lal-‘azhiimi fiihaadzal-harami, wafiihiyaal-kaa’bahtish-shareefati, wal-maqoomeel-mah-modati.

Artinya: "Ya Allah, Engkaulah Sang Pemilik yang memberi hidayah, engkau juga Sang yang memberi rahmat. Ya Allah, aku mohon kepada-Mu kebaikan yang amat agung dalam tempat yang mulia ini, nahkoda bagi Ka’bah yang mulia, dan di mana-mana tempat yang diberkahi lagi mulia."

Doa Setelah Shalat Tawaf

Setelah shalat tawaf, sebaiknya kita memanjatkan doa sebagai rasa syukur kita atas kelancaran perjalanan, dan untuk memohon ampunan atas kesalahan yang telah dilakukan.

  • Allahumma innaa nasta’iidhuka minash syathaani wasy-syaithooni, wa-anna taqabbalka du’aa’anaa, wa-tahhir qulubanaa mukaar-raaba, wa-laa taj’alnaa minadz dzalimiin. Allaahumma innii istaghfiraaka lima laa nuhsiihi wa laa nasiyaahu, wa nuu’minu bika wa natawakkalu ‘alayka, wa nasuuduka wa nakhla’u wa natharu ma yukhitsu bika wa nakhafu ma yi’lanuhu bika, innaaka antal-‘aaliyyul-akbar.

Artinya: "Ya Allah, kami memohon pertolongan dari-Mu dari godaan syaitan dan kejahatan-kejahatan. Mohon terimalah doa kami dan bersihkanlah hati-hati kami yang selalu kembali pada-Mu. Janganlah engkau jadikan kami sebagai orang yang zalim. Ya Allah, kami memohon ampunan-Mu atas dosa-dosa yang tak kami ketahui dan kami tidak pernah melupakannya. Kami percaya kepadamu dan kami berserah diri kepada-Mu. Kami beribadah hanya untuk-Mu. Ya Allah, kami kembali pada-Mu dan meninggalkan segala yang menyebabkan murka-Mu."

BACA JUGA:   Doa Calon Jamaah Haji: Menjelajahi Kedalaman Ibadah Haji

Doa Setelah Melaksanakan Sai

Setelah melaksanakan Sai, kita dapat memanjatkan doa ini dengan harapan agar ibadah kita diterima dan diberi kemudahan di masa depan.

  • Allahumma hadeynaa fiiiman hadhayt, wa nashurnaa fiiiman tashurnt, wa tawallanaa fiiaman tawallayt, wa baarik lanaa fiiimaa a’atayt, wa khfir lanaa wala-waliidayyaa warhamhumaa kamaa rabbayaanii syghiiraa.

Artinya: "Ya Allah guide us to those You’ve guided. Help us find those You’ve helped. Protect us, befriend us, and bless us in all that we do. Forgive our sins and those of our parents, have mercy on them as they raised me when I was small."

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan mengenai niat haji doa berangkat ke arafah dan doa waktu yang harus kita ketahui sebagai bagian dari persiapan menjalani ibadah haji. Jangan lupa untuk senantiasa memperbanyak ibadah dan memperdalam ilmu agama demi mendapatkan ridha-Nya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.