Skip to content
Home » Niat Puasa Mengganti Puasa Ramadhan sekaligus Puasa Senin Kamis

Niat Puasa Mengganti Puasa Ramadhan sekaligus Puasa Senin Kamis

Puasa ramadhan merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia. Selain puasa ramadhan, puasa sunah seperti puasa senin kamis juga sangat dianjurkan. Namun, terkadang kita tidak bisa melaksanakan puasa ramadhan secara penuh karena berbagai alasan seperti sakit atau sedang dalam masa haid. Oleh karena itu, kita perlu mengganti puasa ramadhan yang tidak dilaksanakan tersebut.

Hal ini sejalan dengan hadist Nabi Muhammad SAW yang mengatakan bahwa:

“Barangsiapa yang sakit atau sedang dalam perjalanan maka kewajiban baginya mengganti di hari yang lain.” (HR. Bukhari: 1932, Muslim: 1152)

Berikut adalah niat puasa mengganti puasa ramadhan sekaligus puasa senin kamis:

Niat Puasa Mengganti Puasa Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ الْمُعَظَّمِ الْمَتَوَافِقِ لِسَنَةِ هَذِهِ السَّنَةِ مِنْ الْهِجْرَةِ، لِلَّهِ تَعَالَى

Artinya: "Aku niat puasa wajib bulan Ramadhan yang besar pada tahun ini dari hijriah, karena Allah Ta’ala."

Niat Puasa Senin Kamis

نَوِيْتُ صَوْمَ يَوْمِ الْإِثْنَيْنِ وَالْخَمِيْسِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Artinya: "Aku niat puasa sunah hari Senin dan Kamis karena Allah Ta’ala."

Niat Mengganti Puasa Ramadhan dan Puasa Senin Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ الْمُعَظَّمِ الْمَتَوَافِقِ لِسَنَةِ هَذِهِ السَّنَةِ مِنْ الْهِجْرَةِ، وَصَوْمَ الْإِثْنَيْنِ وَالْخَمِيْسِ سُنَّةً، لِلَّهِ تَعَالَى

Artinya: "Aku niat mengganti puasa wajib bulan Ramadhan yang besar pada tahun ini dari hijriah dan puasa sunah hari Senin dan Kamis karena Allah Ta’ala."

Puasa ramadhan dan puasa senin kamis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kehidupan spiritual seseorang. Selain itu, mengganti puasa ramadhan yang tidak dilaksanakan juga merupakan kewajiban bagi umat muslim. Oleh karena itu, jangan ragu untuk melaksanakan puasa mengganti puasa ramadhan sekaligus puasa senin kamis. Semoga bermanfaat!

BACA JUGA:   5 Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan jiwa dan Raga