Skip to content
Home » Pahala Shalat Berjamaah Seperti Berhaji

Pahala Shalat Berjamaah Seperti Berhaji

Pahala shalat berjamaah seperti berhaji merupakan suatu perumpamaan yang sering kita dengar di tengah-tengah masyarakat Muslim. Namun, apakah benar shalat berjamaah sebesar pahala berhaji?

Shalat berjamaah dan ibadah haji sama-sama merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Shalat berjamaah merupakan kewajiban bagi kaum laki-laki yang telah baligh, sedangkan haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh umat Muslim yang mampu secara finansial dan fisik.

Menurut hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud, Rasulullah SAW bersabda:

“Shalat berjamaah itu lebih utama daripada shalat sendirian di rumah masing-masing. Pahala shalat berjamaah lebih besar 25 kali lipat daripada shalat sendirian.”

Sementara itu, ibadah haji juga memiliki keutamaan yang sangat besar. Ibadah yang dilakukan setahun sekali ini mengharuskan umat Muslim dari seluruh dunia berkumpul di satu tempat untuk beribadah dan bertemu dengan sesama umat manusia.

Namun, benarkah shalat berjamaah memiliki pahala yang setara dengan ibadah haji? Bagaimana dengan orang yang tidak mampu menunaikan ibadah haji?

Menjawab pertanyaan tersebut, seorang ulama memberikan penjelasan bahwa pahala shalat berjamaah sebesar pahala berhaji hanya berlaku bagi mereka yang menunaikan shalat dengan sempurna dan melaksanakan kewajiban-kewajiban Islam lainnya. Sedangkan, bagi orang yang hanya menunaikan shalat berjamaah tanpa memenuhi kewajiban-kewajiban lainnya, maka tidak bisa dikatakan memiliki pahala yang setara dengan ibadah haji.

Oleh karena itu, bagi mereka yang tidak mampu menunaikan ibadah haji, mereka masih bisa memperoleh pahala sebesar pahala berhaji dengan menunaikan kewajiban-kewajiban Islam lainnya dengan sempurna, seperti shalat lima waktu, zakat, puasa, dan lain sebagainya.

Dalam hal ini, memang benar bahwa pahala shalat berjamaah sebesar pahala berhaji apabila dilakukan dengan sempurna dan dipadukan dengan ketaatan dan keikhlasan dalam mengemban kewajiban-kewajiban Islam lainnya. Namun, tidak sebatas itu saja, karena di samping pahala yang akan diperoleh, shalat berjamaah juga bisa memberikan manfaat lain dalam kehidupan kita.

BACA JUGA:   Hadits Pahala Seperti Haji dan Umrah

Dalam shalat berjamaah, kita belajar untuk saling menghormati dan bekerja sama dengan jamaah lain untuk mencapai tujuan yang sama, yaitu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hal ini dapat membentuk sikap mental dan sosial yang positif dalam diri kita, seperti sikap saling menghargai, toleransi, dan solidaritas.

Selain itu, shalat berjamaah juga dapat menjaga kekompakan dan kebersamaan di antara umat Muslim. Dalam kehidupan sosial, manusia memang membutuhkan peran serta orang lain untuk meraih tujuan yang diinginkan. Shalat berjamaah bisa menjadi salah satu bentuk kebersamaan dan sikap saling membantu yang sangat penting untuk menjaga keharmonisan dalam bermasyarakat.

Dalam rangka membangun kehidupan umat Muslim yang lebih baik, kita harus memahami bahwa shalat berjamaah merupakan suatu bentuk ibadah yang memiliki dampak positif secara individual maupun sosial. Oleh karena itu, mari kita terus jaga keutamaan shalat berjamaah sebagaimana ajaran agama Islam yang harus kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari.