Skip to content
Home » Panduan Lengkap Tanggal Puasa Ramadhan 2020

Panduan Lengkap Tanggal Puasa Ramadhan 2020

Sudah saatnya untuk mempersiapkan diri untuk menjalani ibadah puasa Ramadhan 2020. Seperti yang biasa dilakukan umat muslim setiap tahunnya, kita akan berpuasa selama sebulan penuh dan melakukan banyak aktivitas ibadah lainnya. Salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah menentukan tanggal puasa Ramadhan.

Bagaimana Tanggal Puasa Ramadhan Ditentukan?

Tanggal puasa Ramadhan ditentukan berdasarkan pengamatan hilal yang disepakati oleh umat muslim di seluruh dunia. Pihak yang bertanggung jawab dalam mengumumkan tanggal puasa adalah Kementerian Agama setempat. Kementerian Agama akan berkonsultasi dengan Badan Hisab Rukyat (BHR) untuk memastikan awal bulan Ramadhan.

Tanggal Berpuasa Ramadhan 2020

Menurut BHR Indonesia, berikut adalah tanggal puasa Ramadhan 2020:

  • Awal Puasa Ramadhan: Jumat, 24 April 2020
  • Idul Fitri: Minggu, 24 Mei 2020

Namun, tanggal ini masih dapat berubah tergantung pada pengamatan hilal pada akhir bulan Sya’ban. Oleh karena itu, pastikan kamu memeriksa kembali tanggal puasa di wilayah kamu sebelum memulai berpuasa.

Amalan Ibadah Puasa dan Doa

Puasa Ramadhan adalah waktu yang istimewa bagi umat muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain berpuasa dari pagi hingga maghrib, ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memperdalam ibadah kita selama bulan suci ini. Beberapa amalan ibadah puasa dan doa yang bisa dijadikan panduan antara lain:

  • Membaca Al-Quran: Membaca dan menghafal Al-Quran selama sebulan penuh adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam.
  • Sedekah: Memberikan sedekah kepada orang yang membutuhkan juga sangat dianjurkan selama Ramadhan.
  • Shalat Tarawih: Shalat tarawih dikerjakan setelah shalat Isya’ dan bisa dilakukan di rumah atau di mesjid.
  • Berbuka Puasa Bersama: Berbuka puasa bersama dengan keluarga atau teman-teman juga bisa menjadi momen yang sangat berkesan.
BACA JUGA:   Apa Yang Diharapkan dari Berpuasa di Bulan Ramadhan

Tidak hanya itu, doa juga menjadi bagian yang sangat penting dalam ibadah puasa Ramadhan. Beberapa doa yang bisa dipanjatkan antara lain:

  • Doa buka puasa
  • Doa sebelum makan sahur
  • Doa setelah makan sahur
  • Doa untuk memohon ampunan

Kesimpulan

Maka dari itu, tanggal puasa Ramadhan 2020 jatuh pada tanggal 24 April 2020. Namun, pastikan untuk memeriksa kembali tanggal puasa di wilayah kamu terlebih dahulu. Selain itu, gunakan waktu selama bulan suci ini untuk memperdalam ibadah dan memperbaiki diri agar menjadi seorang muslim yang lebih baik.

Semoga tulisan ini dapat memberikan wawasan dan panduan yang bermanfaat bagi kita semua untuk menjalani ibadah puasa Ramadhan 2020 dengan lebih baik lagi.