Skip to content
Home » Panduan Sholat Safar Haji untuk Musafir: Doa Sholat Safar Haji PDF

Panduan Sholat Safar Haji untuk Musafir: Doa Sholat Safar Haji PDF

Saat kita berada di perjalanan, terkadang sulit untuk menemukan masjid atau tempat untuk menjalankan sholat dengan tenang dan khusyuk. Namun, sebagai muslim, sholat adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan, bahkan ketika kita berpergian. Apalagi jika kita sedang berada dalam perjalanan haji, maka sholat tetap harus diprioritaskan. Untuk membantu memudahkan pelaksanaan sholat safar haji (sholat saat berada dalam perjalanan haji), berikut adalah panduan lengkap beserta doa sholat safar haji pdf yang dapat diunduh.

Apa Itu Sholat Safar Haji?

Sholat safar haji adalah sholat yang dilaksanakan oleh para jamaah haji ketika berada dalam perjalanan. Menurut beberapa mazhab, sholat safar haji memang memiliki beberapa perbedaan dalam segi rukun dan gerakan dibandingkan sholat di masjid ataupun sholat di rumah secara lengkap. Sholat safar menjadi kewajiban bagi jamaah haji ketika mereka meninggalkan Mekah untuk menuju ke tempat-tempat lain dalam rangka menyelesaikan rukun-rukun haji.

Bagi para muslim yang hendak melakukan ibadah haji, sholat safar haji sangat penting untuk dipelajari sejak awal. Selain untuk menjalankan kewajiban sebagai muslim, sholat safar juga menjadi salah satu bentuk penghormatan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dalam segala kondisi, termasuk ketika berada dalam perjalanan.

Syarat Pelaksanaan Sholat Safar Haji

Syarat utama pelaksanaan sholat safar haji adalah kita harus berada dalam perjalanan. Jika kita tidak sedang dalam perjalanan, sholat safar haji tidak wajib dilaksanakan. Selain itu, beberapa syarat lainnya adalah memakai pakaian yang bersih dan rapi, mengetahui arah kiblat serta waktu sholat yang benar, serta tidak terhalang oleh sesuatu hal yang menghalangi sholat.

BACA JUGA:   Doa di Kotak Berkah Haji

Rukun dan Gerakan Sholat Safar Haji

Rukun dan gerakan sholat safar haji hampir sama dengan sholat lainnya, namun ada beberapa perbedaan, antara lain:

  1. Tidak ada adzan pada sholat safar haji
  2. Bacaan takbiratul ihram hanya dilakukan satu kali
  3. Rukun pertama dan kedua tidak diulang
  4. Rukun dan gerakan sholat safar dapat disingkat (qashar) untuk memudahkan pelaksanaan

Doa Sholat Safar Haji PDF

Untuk memudahkan pelaksanaan sholat safar haji, berikut ini adalah doa sholat safar haji pdf yang dapat diunduh:

Allahumma anta sahibu fis safar, wa khalifatu fil ahl.
Allahumma inna nasaluka fi safarina hadza albirra wa taqwa, waminal'amalima tarda,
Allahhumma hawwin'alayna safarana hadza wathwi anna bu'udahu,
Allahhumma antal mu'ithu was-suma'atu wa ajilu fi'l faraji.

Doa ini dapat dibaca sebelum sholat dimulai untuk memohon perlindungan, kemudahan, serta kelancaran dalam perjalanan.

Kesimpulan

Sholat safar haji merupakan salah satu kewajiban yang harus dipelajari bagi para muslim yang hendak beribadah haji. Syarat utama pelaksanaannya adalah berada dalam perjalanan. Rukun dan gerakan sholat safar haji hampir sama dengan sholat lainnya, namun ada beberapa perbedaan dalam segi rukun dan gerakan. Untuk memudahkan pelaksanaannya, terdapat doa sholat safar haji pdf yang dapat diunduh sebagai panduan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi para jamaah haji dan juga muslim lainnya. Jadikan sholat sebagai ibadah yang selalu kita jalankan, bahkan ketika berada dalam perjalanan. Serta jangan lupa untuk senantiasa berdoa dan memohon perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.