Skip to content
Home » Pelaksanaan Ibadah Haji di Mekah Hari Ini

Pelaksanaan Ibadah Haji di Mekah Hari Ini

Ibadah haji adalah salah satu ibadah wajib yang harus ditunaikan oleh setiap muslim di dunia, selain shalat lima waktu, zakat, dan puasa pada bulan Ramadan. Ibadah haji ini dilaksanakan setiap tahun di Mekah, Saudi Arabia, dan diikuti oleh jutaan umat muslim dari seluruh penjuru dunia.

Hari ini, pelaksanaan ibadah haji di Mekah masih berlangsung. Ribuan jemaah haji mulai melakukan ibadah dengan cara tawaf di sekitar Ka’bah, berjalan-jalan antara bukit Safa dan Marwah, dan melontar jumrah di Mina.

Pelaksanaan Tawaf

Tawaf adalah salah satu rukun ibadah haji yang dilakukan dengan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali dalam arah searah jarum jam. Tawaf ini dilakukan oleh jemaah haji dengan tujuan untuk mengingat dan mengagungkan Allah SWT.

Pada saat tawaf, jemaah haji biasanya memegang sebuah batu atau bungkusan kecil berisi kerikil dan menggunakannya untuk menyentuh Hajar Aswad sebagai tanda dimulainya tawaf. Setelah itu, jemaah haji melanjutkan tawaf hingga mencapai jumlah tujuh kali dan diakhiri dengan doa.

Sa’i di Bukit Safa dan Marwah

Setelah melakukan tawaf, jemaah haji akan melanjutkan dengan sa’i, yaitu berjalan-jalan antara bukit Safa dan Marwah. Sa’i ini dilakukan sebagai pengingat perjuangan Hajar dan putranya Ismail dalam mencari air di padang pasir.

Jemaah haji membuat tujuh kali perjalanan antara Safa dan Marwah dan setiap kali tiba di salah satu bukit, memanjat ke atas bukit dan melontarkan doa. Pada saat melakukan sa’i, jemaah haji biasanya mengenakan pakaian ihram.

Pelaksanaan Mina

Mina adalah tempat yang dijadikan sebagai tempat berkumpulnya para jamaah haji sebelum melakukan ibadah jumrah. Di Mina, para jemaah haji akan bermalam dan bersiap-siap untuk melempar jumrah pada hari setelahnya.

BACA JUGA:   Teks Khutbah Idul Adha: Nilai Positif Ibadah Haji

Setelah melakukan ibadah jumrah di Mina, jemaah haji biasanya akan kembali ke Mekah untuk melaksanakan sisa dari rukun haji. Setelah semua rukun haji dilaksanakan, jemaah haji biasanya mengakhiri ibadah haji dengan cara mengambil jubah ihram dan memotong rambut sebagai tanda telah menyelesaikan haji.

Kesimpulan

Pelaksanaan ibadah haji di Mekah hari ini masih berlangsung dan ribuan jemaah haji dari seluruh penjuru dunia sedang menunaikan ibadah haji mereka. Dalam pelaksanaan ibadah haji, jemaah haji memegang teguh tradisi dan peraturan yang telah ditetapkan. Melakukan ibadah haji di Mekah adalah mimpi setiap umat muslim dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi mereka yang telah menunaikan ibadah haji.

Jadi, bagi Anda yang ingin menunaikan ibadah haji, pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik dan menjalankan ibadah haji dengan sepenuh hati dan semangat yang tinggi. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi tentang pelaksanaan ibadah haji yang bermanfaat untuk Anda.