Skip to content
Home » Pendaftaran Haji 2019: Persiapan Penting Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

Pendaftaran Haji 2019: Persiapan Penting Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

Pendahuluan

Setiap tahunnya, ribuan umat muslim Indonesia mempersiapkan diri untuk melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah. Salah satu persiapan penting adalah pendaftaran haji 2019 yang akan membantu para calon jamaah untuk merencanakan perjalanan mereka dengan lebih baik.

Persyaratan Pendaftaran Haji 2019

Sebelum mendaftar haji 2019, calon jamaah harus memenuhi beberapa persyaratan, diantaranya:

  • Warga negara Indonesia dan beragama Islam;
  • Telah berusia 18 tahun ke atas;
  • Tidak pernah melaksanakan haji sebelumnya;
  • Tidak sedang dalam kondisi hamil atau menyusui;
  • Mampu secara fisik dan mental untuk melakukan ibadah haji.

Selain itu, calon jamaah juga harus memiliki biaya yang cukup untuk menyelenggarakan ibadah haji. Biaya tersebut meliputi biaya transportasi, akomodasi, dan sewa tenda di Mina.

Tahapan Pendaftaran Haji 2019

Untuk melakukan pendaftaran haji 2019, calon jamaah harus mengikuti beberapa tahapan sebagai berikut:

  1. Pendafataran awal online pada website resmi Kementerian Agama pada periode yang telah ditentukan.
  2. Penyerahan berkas persyaratan yang telah ditentukan ke kantor Kementerian Agama setempat.
  3. Pembayaran awal sebesar 50% dari total biaya haji pada jadwal yang telah ditentukan.
  4. Pelunasan biaya haji pada waktu yang telah ditentukan.

Persiapan Penting Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

Sebelum berangkat ke Tanah Suci, calon jamaah harus mempersiapkan diri dengan baik untuk menghindari kendala dan masalah selama perjalanan. Berikut adalah beberapa persiapan penting yang harus dilakukan:

1. Menjaga fisik dan kesehatan

Calon jamaah harus menjaga kondisi fisik dan kesehatan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum berangkat. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa kondisi fisik dan kesehatan telah siap untuk melakukan perjalanan dan ibadah haji.

BACA JUGA:   UNDANGAN IBADAH HAJI

2. Memahami manasik haji

Calon jamaah harus memahami manasik haji dengan baik melalui bimbingan dari petugas haji. Hal ini bertujuan untuk memahami prosedur dan syarat yang harus dipenuhi selama perjalanan dan ibadah haji.

3. Menyiapkan perlengkapan haji

Calon jamaah harus menyiapkan perlengkapan haji yang mencukupi, seperti pakaian ihram, sandal jepit, dan peralatan mandi. Hal ini bertujuan untuk memastikan kenyamanan selama perjalanan dan ibadah haji.

4. Mengikuti briefing sebelum keberangkatan

Calon jamaah harus mengikuti briefing sebelum keberangkatan yang diselenggarakan oleh petugas haji. Hal ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang jadwal keberangkatan, transportasi, akomodasi, dan prosedur lainnya selama perjalanan dan ibadah haji.

5. Menjaga hubungan dengan keluarga

Calon jamaah harus menjaga hubungan dengan keluarga selama perjalanan dan ibadah haji melalui komunikasi yang baik. Hal ini akan memberi rasa tenang dan nyaman bagi keluarga yang ditinggalkan.

Dengan persiapan yang matang, calon jamaah diharapkan dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan menjadikan perjalanan haji menjadi pengalaman spiritual yang berharga. Bagi calon jamaah yang belum mempersiapkan diri, segera lakukan pendaftaran haji 2019 agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik dan terencana dengan baik.