Skip to content
Home » Pendaftaran Haji 2022: Panduan Lengkap dan Baru

Pendaftaran Haji 2022: Panduan Lengkap dan Baru

Pendaftaran haji telah dibuka untuk tahun 2022! Bagi umat muslim di seluruh Indonesia yang ingin berangkat ke Mekkah, segeralah melakukan pendaftaran. Pendaftaran bisa dilakukan melalui situs web resmi Kementerian Agama atau melalui BPIH. Akan tetapi, ada beberapa perubahan terbaru yang harus diperhatikan sebelum melakukan pendaftaran. Berikut adalah panduan lengkap dan baru tentang pendaftaran haji.

Syarat-Syarat Pendaftaran

Sebelum melakukan pendaftaran haji, pastikan bahwa Anda sudah memenuhi persyaratan-persyaratan berikut:

  • Telah berusia minimal 18 tahun
  • Belum pernah melaksanakan ibadah haji sebelumnya
  • Memiliki identitas yang sah, seperti KTP atau paspor
  • Tidak memiliki hambatan fisik atau kesehatan yang menghalangi untuk berangkat haji
  • Telah menyelesaikan pembayaran biaya pelaksanaan ibadah haji (BPIH)

Pastikan juga bahwa Anda telah mendaftar sebagai calon jamaah haji di kantor wilayah Kementerian Agama atau melalui situs web resmi Kementerian Agama.

Permintaan Terbaru

Terdapat beberapa perubahan terbaru dalam pendaftaran haji 2022 yang harus diperhatikan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui:

Penundaan Pendaftaran

Pendaftaran haji 2022 akan ditunda hingga waktu yang belum ditentukan karena pandemi COVID-19. Namun, pendaftaran tetap dibuka melalui portal resmi haji.

Proses Pendaftaran Online

Calon jamaah haji harus mendaftar dan melengkapi data pada portal haji online untuk menghindari antrean panjang di kantor Kemenag. Setelah selesai, calon jamaah haji akan menerima nomor porsi.

Biaya Pelaksanaan Ibadah Haji

Biaya pelaksanaan ibadah haji tahun 2022 mengalami kenaikan sebesar 26 persen. Hal ini dikarenakan adanya penyesuaian system operasi perjalanan haji ke norma baru.

BACA JUGA:   Daftar Haji 2019 Kapan Berangkat

Syarat Kesehatan

Calon jamaah haji wajib memberikan surat keterangan sehat dari dokter. Selain itu, juga wajib melakukan vaksinasi COVID-19 sesuai dengan standar protokol kesehatan yang ditentukan.

Pembayaran BPIH

Pembayaran BPIH bisa dilakukan secara online melalui aplikasi DPPH haji. Selain itu, juga bisa dilakukan melalui perbankan syariah.

Kesimpulan

Pendaftaran haji 2022 memang mengalami beberapa perubahan. Namun, hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa pelaksanaan ibadah haji berjalan dengan lancar dan aman bagi semua jamaah. Dengan adanya panduan lengkap dan baru tentang pendaftaran haji ini, diharapkan memudahkan para calon jamaah untuk melakukan pendaftaran. Semoga Allah SWT memberikan kemudahan bagi kita semua untuk menjalankan ibadah haji dengan lancar dan aman. Aamiin.

Interesting Headline

"Pendaftaran Haji 2022 Dibuka dengan Penundaan, Biaya Pelaksanaan Ibadah Naik 26 Persen"