Skip to content
Home ยป Pendaftaran Haji untuk Pembimbing

Pendaftaran Haji untuk Pembimbing

Pendaftaran haji untuk pembimbing menjadi jumlah yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini terjadi karena semakin banyak orang di Indonesia yang ingin melaksanakan ibadah haji dan membutuhkan bantuan dari orang yang lebih berpengalaman.

Tahapan pendaftaran haji untuk pembimbing tidaklah sulit dan hanya membutuhkan beberapa langkah sederhana. Berikut ini adalah tahapan-tahapan pendaftaran haji untuk pembimbing:

Tahapan Pertama: Mendaftar di KBIH

KBIH atau Kantor Bersama Imigrasi dan Haji adalah tempat awal untuk mendaftar setiap calon jamaah haji. Calon pembimbing bisa mendaftar di KBIH terdekat dengan domisili mereka.

Pada tahap ini, calon pembimbing akan diminta untuk melampirkan beberapa dokumen seperti:

  • KTP
  • Kartu Keluarga
  • Surat Keterangan Sehat
  • Pas Foto
  • Dan dokumen lainnya yang dibutuhkan

Setelah semua dokumen disiapkan dan lengkap, calon pembimbing bisa mendaftar di KBIH.

Tahapan Kedua: Pembayaran Biaya Pendaftaran

Setelah mendaftar di KBIH, calon pembimbing harus membayar biaya pendaftaran. Biaya ini biasanya berbeda-beda setiap tahun, tergantung pada regulasi pemerintah.

Calon pembimbing bisa membayar biaya pendaftaran di Bank Syariah Mandiri atau bank lainnya yang sudah ditunjuk oleh pemerintah.

Setelah pembayaran selesai, calon pembimbing akan mendapatkan tanda bukti pembayaran. Tanda bukti ini penting untuk proses selanjutnya.

Tahapan Ketiga: Verifikasi Dokumen di Kemenag

Calon pembimbing harus melakukan verifikasi dokumen di Kemenag. dokumen yang harus diverifikasi adalah dokumen yang sudah dilampirkan pada saat mendaftar di KBIH.

setelah dokumen terverifikasi, calon pembimbing akan mendapatkan Kartu Tasrih atau bukti bahwa pendaftaran hajinya sudah diterima oleh pemerintah.

BACA JUGA:   Ibadah Haji Mengikuti Nabi

Tahapan Keempat: Verifikasi di KBRI di Arab Saudi

Setelah calon pembimbing tiba di Arab Saudi, harus melaporkan diri di KBRI di sana. Di KBRI, calon pembimbing akan diberikan Pelita haji dan beberapa dokumen lainnya.

Tahapan Kelima: Pelaksanaan Ibadah Haji

Setelah tahap-tahap di atas selesai, calon pembimbing bersama dengan para jamaah haji lainnya akan melaksanakan ibadah haji di Mekah dan Madinah.

Pembimbing sangat penting dalam proses haji karena mereka akan membimbing para jamaah haji selama di Arab Saudi, terutama dalam hal menjalankan ibadah haji dengan baik dan benar.

Kesimpulan

Pendaftaran haji untuk pembimbing mudah dilakukan jika semua tahapan dijalankan dengan benar. Tidak hanya itu, pembimbing juga merupakan sosok penting yang membimbing para jamaah haji selama di Arab Saudi.

Jika Anda ingin menjadi pembimbing haji yang profesional, pastikan untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan pengalaman dalam menjalankan proses haji. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.