Skip to content
Home » Pendaftaran Petugas Kesehatan Haji 2020: Cara Mendaftar dan Persyaratan

Pendaftaran Petugas Kesehatan Haji 2020: Cara Mendaftar dan Persyaratan

Pendaftaran Petugas Kesehatan Haji 2020: Cara Mendaftar dan Persyaratan

Hajj merupakan salah satu ibadah yang sangat penting bagi umat Islam yang mampu secara finansial dan fisik untuk melakukannya. Setiap tahun, jutaan orang dari seluruh dunia melakukan perjalanan ke Mekah untuk menunaikan ibadah haji. Di Indonesia, setiap tahunnya ribuan orang melaksanakan ibadah haji dan setiap orang yang melakukan ibadah haji tersebut dipastikan harus melalui proses pemeriksaan kesehatan oleh petugas kesehatan yang khusus dilatih untuk memberikan pelayanan kesehatan selama perjalanan haji.

Jika Anda berminat untuk menjadi petugas kesehatan haji 2020, Anda harus memerhatikan beberapa hal. Salah satunya adalah persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi petugas kesehatan haji. Berikut adalah cara mendaftar dan persyaratan untuk menjadi petugas kesehatan haji 2020.

Persyaratan

Sebelum mendaftarkan diri sebagai petugas kesehatan haji 2020, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Berusia 30-60 tahun pada saat pendaftaran
  3. Berijazah dokter (S1 atau setara)
  4. Memiliki Surat Izin Praktek (SIP)
  5. Setidaknya memiliki pengalaman kerja sebagai dokter selama 5 (lima) tahun
  6. Dalam keadaan sehat serta memiliki sertifikat vaksinasi sesuai dengan ketentuan kesehatan yang berlaku
  7. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia sebagai petugas kesehatan haji
  8. Tidak sedang dalam status terikat kontrak kerja atau ASN, TNI atau POLRI
  9. Tidak memiliki kelainan fisik atau mental yang menyebabkan tidak dapat melaksanakan tugas pelayanan kesehatan di tempat terpencil atau di daerah terpencil.

Cara Mendaftar

Setelah memerhatikan persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi petugas kesehatan haji 2020, tahap selanjutnya adalah melakukan pendaftaran. Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar sebagai petugas kesehatan haji 2020:

  1. Buka website Kemenag melalui link https://haji.kemenag.go.id
  2. Pilih menu "Pendaftaran Petugas Kesehatan Haji".
  3. Isi data diri dan unggah dokumen persyaratan pada form yang telah disediakan.
  4. Pastikan telah mengisi data dengan benar, lalu klik "Submit."
BACA JUGA:   Proses Ibadah Haji Lengkap

Pelatihan

Setelah pendaftaran selesai, pelamar yang lolos seleksi akan diberikan pelatihan oleh Kementerian Kesehatan dan Kementerian Agama untuk mempersiapkan diri menjadi petugas kesehatan haji. Pelatihan yang diberikan membahas mengenai teknis pelayanan kesehatan haji, tata cara penanganan pasien, dan peran petugas kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan selama ibadah haji.

Kesimpulan

Dalam artikel ini telah dibahas tentang pedaftaran Petugas Kesehatan Haji 2020, persyatan dan cara mendaftar. Pendaftaran menjadi petugas kesehatan haji memang memerlukan persiapan dan proses yang cukup panjang. Namun jika Anda memenuhi persyaratan dan memiliki tekad yang kuat, maka menjadi petugas kesehatan haji bukanlah sebuah impian yang mustahil. Jangan lupa untuk memerhatikan syarat-syarat menjadi petugas kesehatan haji dan lengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk proses pendaftaran. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang memiliki keinginan untuk menjadi petugas kesehatan haji 2020.