Skip to content
Home » Pengertian Tahallul dalam Ibadah Haji

Pengertian Tahallul dalam Ibadah Haji

Haji adalah salah satu ibadah yang sangat penting bagi umat Muslim. Salah satu tahapan dalam pelaksanaan ibadah haji adalah tahallul. Apa itu tahallul dan bagaimana pelaksanaannya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Tahallul?

Tahallul merupakan tahapan penting dalam ibadah haji yang dilaksanakan pada hari ke-10, 11, atau 12 Zulhijah. Tahallul adalah melepas pakaian ihram yang dipakai oleh jemaah haji setelah menyelesaikan rangkaian ibadah haji di Mekah.

Tahallul juga memiliki makna menjadi seorang yang suci dan bersih setelah menyelesaikan rangkaian ibadah haji. Sebagai jemaah haji, kita diwajibkan untuk menjalankan tahallul sebagai penanda bahwa kita sudah menyelesaikan tugas ibadah haji dengan sempurna.

Pelaksanaan Tahallul

Tahallul dilakukan oleh jemaah haji dengan cara melepas pakaian ihram yang dipakai sejak memasuki miqat. Pelaksanaan tahallul dapat berbeda-beda tergantung pada jenis haji yang dilaksanakan.

Jemaah haji yang melakukan haji tamattu’ dan qiran dapat melepas kain ihram setelah melaksanakan rangkaian ibadah haji di Mekah. Sedangkan jemaah haji yang melaksanakan haji Ifrad, hanya melepas pakaian ihram setelah tahallul di Mina.

Setelah melepas pakaian ihram, jemaah haji dapat kembali melakukan aktivitas yang dilarang selama memakai pakaian ihram, seperti memotong rambut dan kuku, bercukur atau berjemur di bawah terik matahari.

Pentingnya Tahallul

Tahallul merupakan simbol penyelesaian ibadah haji yang menjadi salah satu kewajiban bagi setiap umat Muslim yang sudah memenuhi syarat untuk melaksanakan ibadah haji. Dengan melaksanakan tahallul, jemaah haji telah menepati janjinya dalam menjalankan ibadah haji dan menjadi seorang yang suci dan bersih.

Selain itu, tahallul juga dianggap sebagai awal dari kehidupan baru yang lebih baik. Setelah menyelesaikan ibadah haji, jemaah haji diharapkan dapat mengubah kehidupannya menjadi lebih baik dan lebih dekat dengan Allah SWT.

BACA JUGA:   Maksud Istilah Mampu dalam Melaksanakan Ibadah Haji

Kesimpulan

Tahallul adalah tahapan penting dalam ibadah haji yang dilaksanakan oleh jemaah haji pada hari ke-10, 11, atau 12 Zulhijah. Tahallul dilakukan dengan melepas pakaian ihram setelah menyelesaikan rangkaian ibadah haji di Mekah.

Tahallul memiliki makna menjadi seorang yang suci dan bersih setelah menyelesaikan ibadah haji. Dengan melaksanakan tahallul, jemaah haji menepati janjinya dalam menjalankan ibadah haji dan menjadi awal dari kehidupan baru yang lebih baik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang mempelajari tahallul dalam ibadah haji.