Skip to content
Home » Pentingnya Menjaga Kesehatan dan Kembali dengan Predikat Haji Mabrur

Pentingnya Menjaga Kesehatan dan Kembali dengan Predikat Haji Mabrur

Assalamualaikum selamat pagi, smg diberi kesehatan lancar dan kembali dirmh predikat haji mabrur bagi yang akan segera menunaikan ibadah haji. Banyak sekali persiapan yang perlu dilakukan, dari mulai mengurus pendaftaran hingga persiapan keuangan, semuanya harus direncanakan dengan matang. Namun, di antara segala persiapan yang perlu dilakukan, menjaga kesehatan dan kebugaran fisik menjadi hal yang tidak kalah penting. Bahkan, menjaga kesehatan harus menjadi prioritas utama dalam perencanaan haji.

Kesehatan Sebagai Prioritas Utama dalam Perencanaan Haji

Pentingnya menjaga kesehatan sebelum menunaikan ibadah haji tidak dapat dipungkiri. Sebanyak 42% jamaah haji tercatat pernah mengalami gangguan kesehatan selama menjalankan ibadah haji (Menkes RI), seperti dehidrasi, flu, hingga penyakit jantung. Oleh karena itu, menjaga kesehatan dan kebugaran fisik sebelum berangkat merupakan salah satu upaya untuk mencegah terjadinya gangguan kesehatan selama menjalankan ibadah haji.

Menjaga Kesehatan dengan Pola Hidup Sehat

Menjaga kesehatan untuk menjalankan ibadah haji yang optimal dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menjalani pola hidup sehat. Pola hidup sehat ini meliputi makan makanan yang sehat dan bergizi, olahraga, istirahat yang cukup, dan menghindari kebiasaan buruk seperti merokok.

Kita harus memberikan asupan nutrisi yang cukup untuk tubuh, terutama pada tahap persiapan haji. Nutrisi yang seimbang akan membantu tubuh untuk tetap sehat dan terhindar dari beberapa jenis penyakit. Makanan yang tepat untuk dikonsumsi pada saat persiapan haji antara lain adalah makanan rendah kalori, tinggi serat, dan rendah garam.

Selain itu, olahraga yang teratur juga sangat penting bagi kesehatan kita. Olahraga membantu menjaga keseimbangan berat badan, meningkatkan sirkulasi darah, dan membantu meredakan stres. Olahraga yang bisa dilakukan saat persiapan haji meliputi senam, berjalan kaki, atau bersepeda.

BACA JUGA:   Infografis Alur Pendaftaran Haji 2019

Persiapan Kesehatan yang Harus Dilakukan Sebelum Berangkat

Sebelum berangkat menuju tempat ibadah, kita juga perlu mempersiapkan kesehatan secara khusus. Persiapan kesehatan ini meliputi pemeriksaan kesehatan, vaksinasi, dan persiapan fisik terkait kebutuhan selama di tanah suci. Dilakukan pemeriksaan kesehatan, di mana kita dapat melakukan pemeriksaan rutin seperti pemeriksaan darah, kesehatan gigi, serta pemeriksaan mata.

Selain itu, kepastian telah mendapatkan vaksinasi yang tepat juga sangat penting. Vaksin seperti meningitis, hepatitis, dan polio harus dilakukan untuk mencegah terjadinya wabah penyakit di antara jamaah haji.

Kesimpulan

Menjaga kesehatan dan kebugaran fisik merupakan upaya penting yang harus dilakukan dalam persiapan haji. Pola hidup sehat seperti makan makanan bergizi, olahraga, dan istirahat yang cukup sangat dianjurkan. Selain itu, persiapan kesehatan khusus seperti pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi juga harus dilakukan sebelum berangkat.

Jangan mengabaikan kesehatan selama menjalankan ibadah haji, agar kita dapat meraih predikat haji mabrur dan merasakan kebahagiaan sejati dalam menjalankan ibadah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para calon jamaah haji yang akan menunaikan ibadah haji di tahun-tahun mendatang.