Skip to content
Home » Penunda Haid Saat Ibadah Haji

Penunda Haid Saat Ibadah Haji

Mengalami menstruasi di hari ibadah haji bisa menjadi penghalang bagi Muslimah untuk melakukan rukun Islam yang satu ini. Namun, Allah SWT telah memberikan ketentuan bagi wanita yang sedang mengalami haid untuk menunda ibadah haji hingga mereka bersih dari haid.

Penundaan haid selama ibadah haji disebut dengan istilah "istibra" yang artinya mencegah kembali haid sebelum janabah (keadaan suci dari junub, menstruasi atau nifas) berakhir. Istibra adalah suatu bentuk persiapan seorang wanita untuk melakukan ibadah haji yang suci dan diharapkan dapat dilaksanakan secara sempurna.

Namun, bagaimana caranya agar haid bisa ditunda selama ibadah haji? Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh Muslimah.

Minum Pil Penunda Haid

Mengonsumsi pil penunda haid adalah cara yang paling umum dilakukan oleh Muslimah. Pil penunda haid mengandung hormon progesteron yang mampu menunda datangnya menstruasi. Pil tersebut harus diminum selama setidaknya 14 hari sebelum keberangkatan ke Tanah Suci untuk memastikan bahwa menstruasi tetap tertunda.

Mengonsumsi Madu dan Kurma

Madu dan kurma merupakan makanan yang seringkali dikonsumsi oleh jamaah wanita saat melakukan ibadah haji. Selain memberikan energi yang dibutuhkan selama perjalanan, madu dan kurma diketahui juga dapat membantu menunda datangnya menstruasi. Khasiat ini didapatkan dari kandungan nutrisi yang terdapat dalam madu dan kurma.

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup sangat penting bagi jamaah wanita saat melakukan ibadah haji. Hal ini dapat membantu tubuh untuk menjaga keseimbangan hormon dan mencegah timbulnya kondisi yang dapat memicu timbulnya menstruasi. Sebaiknya jamaah wanita menghindari stres dan beristirahat yang cukup selama kegiatan ibadah haji.

BACA JUGA:   Berita Terbaru tentang Pelayanan Ibadah Umroh dan Haji

Hindari Makanan yang Mengandung Estrogen Tinggi

Beberapa jenis makanan, terutama makanan yang mengandung estrogen tinggi, dapat memicu timbulnya menstruasi. Oleh karena itu, sebaiknya jamaah wanita menghindari makanan-makanan tersebut selama melakukan ibadah haji. Beberapa contoh makanan yang harus dihindari adalah kedelai, kacang-kacangan, dan makanan laut.

Minum Air Zam-Zam

Air zam-zam memiliki khasiat yang cukup banyak dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Selain itu, air zam-zam juga dapat membantu menunda datangnya menstruasi. Hal ini dikarenakan kandungan mineral dan nutrisi yang terdapat dalam air zam-zam yang membantu menjaga keseimbangan hormon tubuh.

Dengan mengikuti beberapa cara di atas, jamaah wanita dapat dengan mudah menunda datangnya menstruasi selama ibadah haji. Namun, sebelum melakukan hal-hal di atas, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli kesehatan agar mendapatkan informasi yang lebih akurat dan tepat.