Skip to content
Home ยป Penyelenggaraan Ibadah Haji: Langkah Menyongsong Ibadah Haji

Penyelenggaraan Ibadah Haji: Langkah Menyongsong Ibadah Haji

Haji, salah satu rukun Islam yang harus dilakukan minimal sekali dalam seumur hidup bagi umat Muslim yang mampu. Kehadiran haji juga menjadi ajang berkumpulnya jutaan umat Muslim dari seluruh penjuru dunia. Sebelum berangkat menunaikan haji, ada baiknya kita mengetahui penyelenggaraan ibadah haji yang dikelola oleh pemerintah.

Langkah Pertama: Pendaftaran

Pendaftaran untuk haji harus dilakukan setiap tahunnya. Dilakukan melalui PIHK, PPIU dan ONH Plus. Lantas, apa itu PIHK, PPIU dan ONH Plus? PIHK adalah singkatan dari Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. PPIU merupakan singkatan dari Unit Pengelolaan dan Pelaksanaan Haji Reguler. ONH Plus adalah singkatan dari Operator Penyelenggara Ibadah Haji Plus. ONH Plus merupakan jasa kepenyelenggaraan ibadah haji yang diselenggarakan oleh biro-biro perjalanan umrah dan haji.

Langkah Kedua: Verifikasi

Setelah selesai melakukan pendaftaran, kita harus menunggu tahap seleksi. Tahap seleksi dilakukan agar kuota haji yang tersedia dapat berjalan dengan baik. Pada tahap ini, calon jamaah harus mengirimkan dokumen persyaratan seperti kartu keluarga, akta lahir, paspor, serta surat keterangan sehat dan tes pernafasan.

Langkah Ketiga: Pembayaran Paket Haji

Mengikuti ibadah haji, tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, pendaftaran yang telah lolos seleksi akan dilanjutkan pada tahap pembayaran. Pembayaran haji bisa dilakukan secara cicilan atau lunas tergantung kebijakan dari masing-masing PIHK, PPIU dan ONH Plus.

Langkah Keempat: Pelaksanaan Ibadah Haji

Step terakhir dalam penyelenggaraan ibadah haji adalah pelaksanaan ibadah haji. Ibadah haji merupakan salah satu ibadah yang memiliki rangkaian acara yang sangat panjang. Setiap jamaah harus melaksanakan tahapan ibadah haji sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.

BACA JUGA:   Cuti Ibadah Haji untuk Hakim Tunjangan Hakim

Kesimpulan

Penyelenggaraan ibadah haji membutuhkan persiapan matang dan tahap-tahap yang harus dilalui. Dalam pelaksanaannya, ada banyak proses yang harus dilakukan agar haji bisa berjalan dengan lancar. Semoga artikel ini dapat membantu bagi Anda yang ingin menunaikan haji pada masa mendatang. Jangan lupa untuk selalu mempersiapkan diri secara optimal dan memperdalam ilmu agama Islam. Marhaban ya Ramadhan, selamat menunaikan ibadah.