Skip to content
Home » Peraturan UU Ibadah Haji Terbaru

Peraturan UU Ibadah Haji Terbaru

Peraturan UU Ibadah Haji Terbaru

Ibadah haji adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh umat Muslim setidaknya sekali dalam hidupnya. Untuk menjalankan ibadah haji, terdapat beberapa peraturan yang harus ditaati oleh jamaah haji sesuai dengan Undang-Undang (UU) Ibadah Haji Terbaru.

Berikut adalah beberapa peraturan UU Ibadah Haji Terbaru yang perlu diperhatikan:

Registrasi Awal Haji

Pendaftaran awal haji akan dibuka sekitar 9 bulan sebelum musim haji dimulai. Pendaftaran ini merupakan langkah awal untuk memastikan bahwa kita masuk ke dalam kuota yang ditentukan oleh pemerintah. Untuk mendaftar, kita harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan dan harus memiliki visa haji yang diterbitkan oleh Kementerian Agama. Selain itu, kita juga harus memiliki sertifikat kesehatan dari dokter yang ditunjuk oleh pemerintah.

Pembayaran Haji

Setelah terdaftar, kita harus melakukan pembayaran dalam jangka waktu yang telah ditentukan oleh Kementerian Agama. Biaya haji sendiri tergantung dari jenis program haji yang akan kita ikuti. Kita bisa memilih program haji plus atau haji reguler. Pembayaran haji bisa dilakukan secara tunai atau menggunakan kartu kredit.

Pemberangkatan Haji

Jamaah haji akan diberangkatkan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh pemerintah. Jamaah akan berangkat dari asrama haji menuju Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah. Sementara itu, Jamaah yang berasal dari daerah Solo akan diberangkatkan dari Bandara Adi Sumarmo menuju Bandara King Abdulaziz.

Pelaksanaan Ibadah Haji

Ibadah haji sendiri terdiri dari beberapa ritual, seperti thowaf, sa’i, wukuf, dan lain-lain. Semua jamaah haji harus melaksanakan ibadah haji sesuai dengan tata cara yang telah ditentukan oleh pemerintah. Setiap tindakan disertai dengan doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT. Jamaah haji harus selalu menjaga kesopanan dan kerukunan dalam melaksanakan ibadah haji.

BACA JUGA:   Makan dan Minum dalam Pesawat Ibadah Haji

Kepulangan Haji

Setelah melaksanakan ibadah haji, jamaah akan dibawa kembali ke Indonesia dengan pesawat yang sama dengan saat berangkat. Jamaah akan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan kemudian akan diberangkatkan ke daerah masing-masing. Selain itu, setiap jamaah juga akan mendapatkan buku panduan dan sertifikat haji.

Itulah tadi beberapa peraturan UU Ibadah Haji Terbaru yang harus diketahui oleh jamaah haji. Dengan mematuhi peraturan-peraturan tersebut, ibadah haji yang dilakukan akan lebih lancar dan berkualitas. Mari kita jadikan ibadah haji sebagai momen yang penuh dengan ketaatan dan keikhlasan kepada Allah SWT.