Skip to content
Home » Perbedaan Antara Haji Plus Dan Furoda: Simak Penjelasan Lengkapnya!

Perbedaan Antara Haji Plus Dan Furoda: Simak Penjelasan Lengkapnya!

Apa Beda haji Plus dan Furoda?

Apa Beda Haji Plus dan Furoda?

Haji Plus merupakan program haji yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Program ini melanjutkan penerapan undangan haji dari pemerintah Arab Saudi yang diteruskan kepada masyarakat Indonesia. Program ini mengizinkan para jamaah untuk mengajukan permohonan haji dengan menggunakan formulir pendaftaran yang akan dikirimkan melalui pos kepada Kementerian Agama. Selain itu, syarat-syarat lain yang harus dipenuhi oleh jamaah untuk mengajukan permohonan haji melalui program ini adalah:

  • Memiliki Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku
  • Memiliki sertifikat KTP yang masih berlaku
  • Memiliki paspor yang masih berlaku
  • Memiliki sertifikat lain yang diperlukan oleh Kementerian Agama

Setelah seluruh persyaratan terpenuhi, jamaah akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran haji yang tersedia dan mengirimkannya kepada Kementerian Agama. Kemudian, Kementerian Agama akan mengirimkan tiket haji kepada jamaah yang telah terdaftar.

Orang yang ingin melakukan ibadah haji melalui program haji plus harus menunggu sekitar 5-9 tahun dari waktu pendaftaran untuk bisa pergi haji. Ini karena jumlah orang yang ingin melakukan ibadah haji melalui program haji plus lebih banyak daripada jumlah tiket yang disediakan oleh Kementerian Agama. Jadi, ada banyak orang yang harus mengantre untuk bisa mengambil tiket haji ini.

Haji Furoda adalah program haji yang diselenggarakan oleh pemerintah Arab Saudi dan memiliki syarat pendaftaran yang berbeda dengan program haji plus. Program ini merupakan program haji khusus yang diberikan kepada rakyat Indonesia yang memenuhi syarat tertentu. Program ini memberikan kesempatan kepada para jamaah untuk pergi haji tanpa harus mengantre.

Sebagai contoh, saat ini, pemerintah Arab Saudi hanya membuka program haji furoda untuk jamaah yang telah berusia di atas 70 tahun, jamaah yang tidak pernah melakukan ibadah haji sebelumnya, dan jamaah yang telah mendaftar 3 kali di program haji plus.

BACA JUGA:   Cara Cek Daftar Tunggu Haji Online

Karena program haji furoda adalah undangan khusus dari pemerintah Arab Saudi, jadi pesertanya juga tidak perlu mengantre dan bisa langsung pergi di tahun yang sama. Program haji furoda juga memiliki banyak keunggulan lainnya, seperti pembayaran yang lebih murah, penginapan yang lebih nyaman, dan akses transportasi yang lebih mudah.

Kesimpulan

Kedua program haji ini memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Dengan program haji plus, jamaah dapat melakukan ibadah haji dengan mengantre selama 5-9 tahun. Sementara dengan program haji furoda, jamaah dapat pergi haji tanpa harus mengantre. Namun, peserta program haji furoda harus memenuhi syarat khusus untuk bisa mengikuti program ini. Oleh karena itu, pilihan terbaik untuk melakukan ibadah haji adalah bergantung pada kebutuhan dan kemampuan masing-masing jamaah.