Skip to content
Home » Perbedaan Ibadah Haji dan Umrah Terdapat pada Pelaksanaan

Perbedaan Ibadah Haji dan Umrah Terdapat pada Pelaksanaan

Ibadah Haji dan Umrah merupakan dua ibadah penting dalam agama Islam. Namun, banyak orang yang masih bingung tentang perbedaan dari kedua ibadah ini. Pada artikel ini, kita akan membahas secara detail mengenai perbedaan ibadah Haji dan Umrah terdapat pada pelaksanaan.

Apa itu Ibadah Haji?

Ibadah Haji adalah ibadah wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap mampu bagi umat Islam sekali seumur hidupnya. Ibadah Haji dilakukan dengan cara pergi ke Mekah, Saudi Arabia pada waktu tertentu setiap tahunnya. Ibadah Haji dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah dan harus dilaksanakan dengan prosedur yang telah ditentukan sesuai dengan rukun dan syarat-syaratnya.

Apa itu Ibadah Umrah?

Sedangkan, Ibadah Umrah adalah ibadah yang dilakukan dengan pergi ke Mekah, Saudi Arabia untuk beribadah di sana secara sukarela. Ibadah Umrah bisa dilakukan kapan saja sepanjang tahun dan tidak seperti ibadah Haji, tidak termasuk ibadah yang wajib untuk dilaksanakan.

Perbedaan Pelaksanaan Ibadah Haji dan Umrah

Meskipun keduanya sangat berbeda, ada beberapa hal yang membedakan antara pelaksanaan Ibadah Haji dan Umrah.

Waktu Pelaksanaan

Ibadah Haji dilaksanakan hanya pada bulan Dzulhijjah sedangkan Ibadah Umrah bisa dilakukan kapan saja sepanjang tahun.

Rukun dan Syarat

Ibadah Haji memiliki rukun dan syarat yang harus dilaksanakan dengan ketat sesuai dengan peraturan dari kerajaan Saudi Arabia dan agama Islam, sedangkan Ibadah Umrah tidak memiliki rukun dan syarat yang begitu ketat.

Jenis Ibadah

Ibadah Haji terdiri dari beberapa jenis, yaitu Haji Tamattu’, Haji Ifrad, dan Haji Qiran. Sedangkan Ibadah Umrah hanya terdiri dari satu jenis ibadah saja.

BACA JUGA:   Elaborasi Lengkap Tentang Syarat Mendaftar Haji 2019

Waktu Pelaksanaan Ibadah

Ibadah Haji membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dilaksanakan, yaitu selama enam hari. Sedangkan Ibadah Umrah dapat dilaksanakan hanya dalam kurun waktu 2-3 jam saja.

Biaya Pelaksanaan

Pelaksanaan Ibadah Haji lebih mahal dibandingkan dengan Ibadah Umrah. Hal ini dikarenakan Ibadah Haji harus dilaksanakan dengan menyeberangi lautan, akomodasi yang dibutuhkan lebih banyak, dan ada biaya tambahan lainnya yang harus dikeluarkan.

Dengan mengetahui perbedaan dari kedua ibadah ini, diharapkan kita bisa lebih memahami dan mempersiapkan diri dengan baik sebelum melaksanakan ibadah tersebut.

Kesimpulan

Ibadah Haji dan Umrah masing-masing memiliki keutamaan dan kelebihannya sendiri. Namun, yang terpenting adalah pelaksanaan dari ibadah tersebut dilakukan dengan ikhlas dan sesuai dengan ajaran Islam. Semoga artikel ini bisa memberikan referensi bagi Anda yang ingin mengetahui perbedaan antara Ibadah Haji dan Umrah.