Skip to content
Home » Perbedaan Ibadah Haji dan Umroh Terletak Pada…

Perbedaan Ibadah Haji dan Umroh Terletak Pada…

Perbedaan Ibadah Haji dan Umroh Terletak Pada…

Ibadah haji dan umroh adalah dua ibadah yang dilakukan oleh umat Islam untuk menuju ke Baitullah, tempat suci umat Islam yang terletak di Mekkah, Arab Saudi. Meskipun kedua ibadah ini sama-sama berkaitan dengan perjalanan ke Mekkah, tetapi sebenarnya ada perbedaan mendasar antara keduanya. Perbedaan ini terletak pada beberapa hal yang akan dibahas di bawah ini.

Pengertian Ibadah Haji dan Umroh

Sebelum memulai pembahasan perbedaan antara ibadah haji dan umroh, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari kedua istilah tersebut.

Ibadah Haji

Ibadah haji adalah salah satu dari lima rukun Islam yang mesti dilaksanakan oleh umat Muslim setidaknya sekali seumur hidup. Ibadah haji dilakukan di Bulan Dzulhijjah pada setiap tahun kalender Hijriah. Ibadah haji meliputi serangkaian kegiatan mulai dari mengenakan pakaian ihram hingga melaksanakan sa’i antara bukit Shafa dan Marwah.

Ibadah Umroh

Ibadah umroh merupakan salah satu ibadah sunah yang dilakukan oleh umat Muslim. Ibadah umroh bisa dilakukan kapan saja sepanjang tahun, tidak terikat dengan waktu tertentu seperti ibadah haji. Ibadah umroh meliputi serangkaian kegiatan yang relatif lebih sederhana dibandingkan dengan ibadah haji.

Perbedaan Ibadah Haji dan Umroh

Setelah mengetahui pengertian dari kedua ibadah tersebut, berikut ini adalah beberapa perbedaan mendasar antara ibadah haji dan umroh.

Waktu Pelaksanaan

Perbedaan yang paling mendasar antara ibadah haji dan umroh terletak pada waktu pelaksanaannya. Ibadah haji hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu, yaitu Bulan Dzulhijjah pada setiap tahun kalender Hijriah. Sedangkan ibadah umroh bisa dilakukan kapan saja sepanjang tahun.

BACA JUGA:   Dosa Apa yang Mempersulit Manusia dalam Menjalankan Ibadah Haji

Masa Ibadah

Ibadah haji memerlukan masa yang relatif lebih lama dibandingkan dengan ibadah umroh. Ibadah haji memakan waktu sekitar 5-6 hari, mulai dari tanggal 8 sampai 12 Dzulhijjah. Sementara itu, ibadah umroh biasanya hanya memakan waktu sekitar 1-2 hari.

Rukun Ibadah

Meskipun sama-sama menuju ke Baitullah, tetapi rukun-rukun ibadah yang dilakukan pada ibadah haji maupun umroh sedikit berbeda. Rukun-rukun ibadah haji antara lain adalah:

  1. Ihram
  2. Wukuf di Arafah
  3. Mabit di Muzdalifah
  4. Membuang jumrah
  5. Tawaf jika masih diperlukan
  6. Thawaf Wada’ (Jika tidak ada halangan).

Sementara itu, rukun-rukun ibadah umroh adalah:

  1. Ihram di miqat
  2. Tawaf putaran pertama
  3. Sa’i
  4. Tawaf putaran kedua
  5. Shalat dua rakaat di Maqam Ibrahim
  6. Tahallul dengan mencukur atau hanya memotong rambut

Hukum Ibadah

Ibadah haji memiliki hukum yang lebih tinggi dibandingkan dengan ibadah umroh. Ibadah haji merupakan salah satu dari lima rukun Islam yang mesti dilaksanakan oleh umat Muslim setidaknya sekali seumur hidup. Sementara itu, ibadah umroh hanya merupakan ibadah sunah yang disunnahkan untuk dilakukan oleh umat Muslim.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa meskipun sama-sama dilakukan di Baitullah, tetapi ibadah haji dan umroh memiliki perbedaan mendasar dalam hal waktu pelaksanaan, masa ibadah, rukun ibadah, dan hukum ibadah. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami perbedaan antara kedua ibadah ini agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaannya.