Skip to content
Home » PERBEDAAN PENDAFTARAN HAJI LEWAT YAYASAN

PERBEDAAN PENDAFTARAN HAJI LEWAT YAYASAN

Apakah Anda berencana untuk mendaftar haji lewat yayasan? Ataukah Anda bimbang antara mendaftar langsung ke kantor pusat haji atau lewat yayasan? Sebaiknya, sebelum Anda membuat keputusan, ada baiknya Anda memahami perbedaan antara kedua cara pendaftaran ini.

Pendaftaran Langsung ke Kantor Pusat Haji

Pendaftaran langsung ke kantor pusat haji menjadi cara pendaftaran yang paling umum bagi calon jamaah haji di Indonesia. Hal ini karena pendaftaran langsung ke kantor pusat haji dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan biaya yang lebih murah dibanding lewat yayasan.

Namun, ternyata terdapat kerugian dan keuntungan dari cara pendaftaran langsung ke kantor pusat haji. Kerugian yang paling utama adalah proses pendaftaran sendiri memerlukan waktu yang cukup lama dan harus dilakukan secara mandiri oleh calon jamaah haji. Calon jamaah haji harus mendaftar secara langkah-per-langkah dan mengisi semua formulir yang diperlukan, sebagaimana juga harus mengatasi kendala teknis seperti minimnya fasilitas koneksi internet.

Tapi, dalam hal biaya, pastinya pendaftaran langsung ke kantor pusat haji menawarkan proses pendaftaran yang lebih murah daripada mendaftar lewat yayasan. Oleh karena itu, banyak sekali calon jamaah haji yang memilih cara ini.

Pendaftaran Lewat Yayasan

Di sisi lain, pendaftaran lewat yayasan menawarkan keuntungan bagi calon jamaah haji yang memiliki keterbatasan untuk mendaftar langsung ke kantor pusat haji. Dalam proses pendaftaran lewat yayasan, calon jamaah haji dapat memperoleh pelayanan konsultasi serta bantuan dalam proses pendaftaran.

Sebelum mendaftar, calon jamaah haji akan mendapat beberapa panduan atau materi terkait persiapan haji dan juga mendapat bantuan dalam mengisi semua formulir pendaftaran haji. Calon jamaah haji juga akan dibimbing dalam setiap tahap pendaftaran haji secara satu-satu oleh tim yayasan.

BACA JUGA:   Skema Proses Bisnis Mulai Pendaftaran Hingga Kepulangan Umrah dan Haji

Namun, yang perlu diperhatikan dari cara pendaftaran lewat yayasan adalah biaya yang diperlukan. Biasanya biaya pendaftaran lewat yayasan lebih mahal daripada pendaftaran langsung ke kantor pusat haji sebab biaya tersebut termasuk layanan konsultasi dan bantuan pendaftaran haji.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pendaftaran langsung ke kantor pusat haji lebih murah dibanding melalui yayasan, namun calon jamaah haji harus mandiri dalam proses pendaftaran. Sementara itu, pendaftaran lewat yayasan memberikan kemudahan bagi calon jamaah haji dengan bantuan dan pelayanan konsultasi, namun biayanya lebih mahal.

Namun, terlepas dari pilihan Anda, yang penting adalah Anda mempersiapkan semuanya secara matang dan pelan-pelan. Tidak ada yang tidak mungkin apabila Anda memiliki niat dan kesungguhan dalam melaksanakan kewajiban suci ini yaitu menunaikan ibadah haji. Semoga artikel ini dapat memberikan sedikit gambaran atas perbedaan pendaftaran haji lewat yayasan.