Skip to content
Home » Perjalanan Ibadah Haji 2018: Panduan Lengkap dari Vaksinasi hingga Persiapan Akhir

Perjalanan Ibadah Haji 2018: Panduan Lengkap dari Vaksinasi hingga Persiapan Akhir

Perjalanan Ibadah Haji 2018: Panduan Lengkap dari Vaksinasi hingga Persiapan Akhir

Bulan Dzulhijjah merupakan bulan istimewa bagi umat Islam, di mana kita berkesempatan untuk melaksanakan ibadah haji di Baitullah Al-Haram, Mekah. Bagi Anda yang akan berangkat pada perjalanan ibadah haji 2018, berikut informasi penting yang perlu diketahui.

1. Persiapan Dokumen dan Vaksinasi

Setelah Anda dinyatakan lolos seleksi haji, langkah awal yang perlu dilakukan adalah persiapan dokumen. Pastikan dokumen seperti paspor, visa, dan kartu jamaah haji sudah lengkap dan valid. Selain itu, Anda juga perlu mendapatkan sertifikat vaksinasi meningitis dan polio. Vaksinasi meningitis harus dilakukan paling lambat satu minggu sebelum keberangkatan, sedangkan vaksinasi polio dilakukan paling lambat satu bulan sebelum keberangkatan.

2. Kemasan Barang Bawaan

Pastikan Anda membawa barang yang sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh maskapai penerbangan. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan berat dan ukuran dari barang bawaan Anda. Sediakan juga tas atau koper yang cukup untuk membawa semua perlengkapan yang diperlukan, seperti baju ihram, sandal, dan perlengkapan sholat.

3. Persiapan Fisik dan Kesehatan

Sebelum berangkat, pastikan Anda dalam kondisi fisik yang baik dan sehat. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh dan berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan kesehatan Anda. Selain itu, pastikan Anda sehat jasmani maupun rohani untuk menjalani perjalanan ibadah haji yang berat dan melelahkan.

4. Makanan dan Obat-Obatan

Pastikan Anda membawa persediaan makanan dan obat-obatan yang memadai di perjalanan. Sediakan makanan ringan seperti buah-buahan dan kacang-kacangan untuk mengganjal lapar di perjalanan. Selain itu, sediakan juga persediaan obat-obatan yang mungkin dibutuhkan, seperti obat sakit kepala, obat flu, dan sebagainya.

BACA JUGA:   Tgl Wukuf Ibadah Haji 2018: Kemuliaan Di Tanah Suci

5. Persiapan Mental dan Spiritual

Ibadah haji adalah perjalanan spiritual yang membutuhkan kesiapan mental dan spiritual. Persiapkan diri Anda dengan membaca buku-buku tentang ibadah haji dan memperdalam pemahaman tentang rukun dan syarat dari ibadah haji. Selain itu, jaga pikiran dan hati Anda tetap tenang dan fokus pada tujuan utama dari ibadah haji, yakni mendekatkan diri kepada Allah SWT.

6. Persiapan Akhir

Pada saat akhir perjalanan, pastikan Anda sudah melaksanakan segala persiapan dengan baik. Sampaikan salam dan minta maaf kepada keluarga dan teman-teman yang ditinggalkan. Pastikan barang bawaan Anda siap untuk dibawa dan pastikan Anda tiba di bandara dengan waktu yang cukup untuk memenuhi prosedur keberangkatan.

Itulah beberapa informasi yang perlu Anda ketahui dalam perjalanan ibadah haji 2018. Dengan persiapan yang matang dan mental yang kuat, Anda akan mampu menjalani ibadah haji dengan lancar dan khusyu. Semoga ibadah Anda diterima dan Allah SWT memberikan kemudahan dalam menjalankannya. Amin.