Skip to content
Home » Perkiraan Keberangkatan Haji Daftar di 2018

Perkiraan Keberangkatan Haji Daftar di 2018

Haji adalah salah satu ibadah penting bagi umat Islam. Setiap tahun, jutaan Muslim dari seluruh dunia pergi ke Mekah untuk menunaikan rukun Islam yang kelima ini. Di Indonesia, pemerintah secara rutin membuka pendaftaran haji bagi warga yang ingin menunaikan ibadah haji. Nah, bagaimana perkiraan keberangkatan haji daftar di tahun 2018? Simak ulasannya di bawah ini.

Pendaftaran Haji Tahun 2018

Pemerintah Indonesia membuka pendaftaran haji untuk tahun 2018 sejak 25 Oktober 2017 lalu. Pendaftaran ini berlangsung hingga 13 November 2017 dan harus dilakukan secara online melalui situs resmi Kementerian Agama atau melalui aplikasi SISKOHAT. Setelah melakukan pendaftaran, para calon jamaah haji akan menjalani seleksi yang meliputi seleksi administrasi, seleksi kesehatan, dan tes kelayakan fisik maupun mental.

Perkiraan Keberangkatan Haji Daftar

Dalam setiap pendaftaran haji, ada dua jenis keberangkatan yang dapat dipilih oleh calon jamaah, yaitu keberangkatan reguler dan keberangkatan khusus. Reguler adalah keberangkatan yang dilakukan seperti biasa dengan jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya. Sedangkan keberangkatan khusus adalah keberangkatan yang dilakukan pada waktu yang tidak biasa dan disesuaikan dengan kebutuhan calon jamaah.

Perkiraan keberangkatan haji daftar di tahun 2018 untuk keberangkatan reguler diprediksi akan dimulai pada tanggal 14 Juli 2018. Sedangkan untuk keberangkatan khusus, keberangkatan dimulai pada tanggal 1 Agustus 2018. Namun, jadwal keberangkatan ini masih dapat berubah tergantung pada persiapan dari pihak penyelenggara.

Persiapan Calon Jamaah

Membuat persiapan yang matang adalah kunci untuk menjalani perjalanan haji dengan lancar. Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan agar perjalanan haji dapat berjalan dengan baik.

BACA JUGA:   Uang Saku yang Ideal Untuk Beribadah Haji

Persiapan Kesehatan

Haji adalah ibadah yang dilakukan di tempat yang penuh dengan banyak orang dan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, menjaga kesehatan sangatlah penting saat perjalanan haji. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti mengonsumsi makanan yang sehat, minum air yang cukup, dan menghindari tempat-tempat yang berbahaya.

Persiapan Fisik dan Mental

Haji juga membutuhkan persiapan fisik dan mental yang matang. Ada beberapa latihan yang perlu dilakukan agar fisik dan mental siap menghadapi perjalanan haji, seperti berjalan kaki, berenang, dan meditasi.

Persiapan Administrasi

Persiapan administrasi juga sangat penting dalam menjalani perjalanan haji. Membuat paspor, visa, tiket pesawat, surat keterangan sehat, dan asuransi kesehatan adalah beberapa persiapan administrasi yang harus dilakukan sebelum berangkat.

Kesimpulan

Perkiraan keberangkatan haji daftar di tahun 2018 telah dibuka sejak bulan Oktober lalu dan diprediksi akan dimulai pada bulan Juli 2018 dan Agustus 2018. Namun, jadwal keberangkatan ini masih dapat berubah tergantung pada persiapan dari pihak penyelenggara. Membuat persiapan yang matang adalah kunci untuk menjalani perjalanan haji dengan lancar. Mulai dari persiapan kesehatan, persiapan fisik dan mental, hingga persiapan administrasi harus diperhatikan agar perjalanan haji dapat dilakukan dengan lancar.