Skip to content
Home ยป Perkiraan Waktu Keberangkatan Jemaah Haji 2022 Dan Hal Yang Perlu Dipersiapkan

Perkiraan Waktu Keberangkatan Jemaah Haji 2022 Dan Hal Yang Perlu Dipersiapkan

Jika daftar haji 2022 berangkat tahun berapa?

Jika daftar haji 2022 berangkat tahun berapa?

Mengikuti protokol kesehatan yang ketat, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama telah merilis daftar nama jemaah haji reguler yang berhak berangkat tahun 1443 H/2022 M, Ahad, 8 Mei 2022. Daftar tersebut bisa diakses melalui laman www.haji.kemenag.go.id.

Haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan bagi setiap Muslim yang kuat secara fisik dan finansial. Haji ini merupakan ibadah yang disyariatkan Allah kepada umatnya untuk menjalankan di bulan Dzulhijjah dan menyebabkan banyak umat Islam yang bersiap untuk berangkat.

Tahun Berapa Haji 2022 Berangkat?

Haji periode 2022 dimulai pada Ahad 8 Mei 1443 H/2022 M. Ini berarti bahwa jemaah haji reguler yang terdaftar akan berangkat pada tanggal tersebut.

Pendaftaran Haji 2022

Pendaftaran haji 2022 telah dibuka sejak bulan April 2021. Pendaftaran haji reguler dibuka untuk jemaah haji yang sudah memenuhi syarat dan tidak pernah melakukan haji sebelumnya.

Peserta harus memastikan bahwa mereka memenuhi persyaratan pendaftaran haji yang ditetapkan oleh Kementerian Agama. Peserta juga harus membayar sejumlah biaya administrasi dan biaya pembuatan paspor.

Biaya Haji 2022

Biaya haji untuk tahun 2022 berbeda-beda untuk setiap negara. Biaya haji ini berkisar antara Rp50 juta hingga Rp100 juta. Biaya tersebut termasuk uang saku, tiket pesawat, akomodasi, dan biaya lainnya yang dibutuhkan selama perjalanan haji.

Persyaratan Haji 2022

Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh jemaah haji sebelum berangkat. Persyaratan utama adalah jemaah haji harus memiliki paspor yang masih berlaku, dan ia harus memiliki visa haji yang sah. Selain itu, jemaah haji harus memenuhi persyaratan kesehatan yang ditetapkan oleh Kementerian Agama.

BACA JUGA:   Persyaratan Foto untuk Daftar Haji

Jemaah haji juga harus mempersiapkan dokumen pendukung lain seperti surat keterangan keuangan, surat izin dari keluarga, dan lainnya.

Cara Mendaftar Haji 2022

Pendaftaran haji reguler tahun 2022 dapat dilakukan melalui laman www.haji.kemenag.go.id. Peserta harus memberikan data diri lengkap, termasuk informasi tentang paspor dan visa haji. Setelah mendaftar, peserta harus membayar sejumlah biaya administrasi dan biaya pembuatan paspor.

Setelah membayar biaya, peserta harus mengirimkan dokumen pendukung ke Kementerian Agama. Setelah dokumen diterima dan diverifikasi, peserta akan diumumkan dalam daftar nama jemaah haji reguler yang berhak berangkat tahun 1443 H/2022 M.

Pelatihan Haji 2022

Peserta yang terdaftar dalam daftar jemaah haji reguler tahun 2022 akan menerima surat undangan untuk mengikuti pelatihan haji. Pelatihan haji ini akan mencakup hal-hal seperti tata cara haji, tata cara beribadah di Mekkah dan Madinah, serta panduan untuk ibadah haji yang benar.

Kesimpulan

Daftar nama jemaah haji reguler yang berhak berangkat pada tahun 1443 H/2022 M telah dikeluarkan oleh Kementerian Agama. Pendaftaran haji reguler telah dibuka sejak April 2021, dan jemaah harus memastikan bahwa mereka memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Kementerian Agama. Biaya haji untuk tahun 2022 berkisar antara Rp50 juta hingga Rp100 juta, dan jemaah haji wajib mengikuti pelatihan haji sebelum berangkat.