Skip to content
Home » Permasalahan Umroh Bersama Bukan Mahram: Bolehkah Atau Tidak?

Permasalahan Umroh Bersama Bukan Mahram: Bolehkah Atau Tidak?

Bolehkah umroh dengan bukan muhrim?

Pendahuluan

Sudah lama dikenal bahwa muhrim adalah orang yang wajib menemani wanita saat melakukan ibadah haji atau umrah. Namun, kini terdapat kemungkinan bagi wanita untuk melakukan ibadah umrah tanpa mahram. Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq Al- Rabiah mengumumkan bahwa wanita dapat melakukan haji dan umrah secara mandiri dan tanpa mahram.

Apa yang Dimaksud dengan Muhrim?

Muhrim adalah orang yang ditentukan oleh syariat Islam untuk menemani wanita saat melakukan ibadah haji atau umrah. Muhrim ini harus memenuhi syarat-syarat tertentu yang ditentukan oleh agama, seperti hubungan darah atau hubungan perkawinan. Seseorang yang tidak memenuhi syarat ini tidak dianggap sebagai muhrim dan tidak diperbolehkan menemani wanita saat melakukan ibadah haji atau umrah.

Siapa Yang Dapat Menjadi Muhrim?

Sebelum menjawab pertanyaan ini, penting untuk memahami bahwa muhrim adalah orang yang ditentukan oleh syariat Islam. Menurut syariat Islam, muhrim dapat berupa suami atau mahram, yaitu seseorang yang memiliki hubungan darah dengan wanita yang akan menunaikan ibadah haji atau umrah.

Bagaimana Konsep Muhrim Berubah?

Konsep muhrim telah berubah sejak Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq Al- Rabiah mengumumkan bahwa wanita dapat melakukan perjalanan ibadah tanpa mahram. Ini berarti bahwa wanita dapat melakukan haji dan umrah secara mandiri dan tanpa mahram.

BACA JUGA:   Cara Daftar Paket Umroh Kartu Telkomsel

Bagaimana Cara Wanita Melakukan Perjalanan Umrah Tanpa Mahram?

Ada beberapa cara yang dapat digunakan oleh wanita untuk melakukan ibadah haji atau umrah tanpa mahram. Pertama, wanita dapat meminta bantuan kepada orang lain atau organisasi yang bersedia untuk menemani mereka saat melakukan perjalanan. Kedua, wanita dapat menggunakan layanan agen travel yang menawarkan paket umrah yang mencakup semua persyaratan yang diperlukan.

Apakah Ada Jaminan Keamanan?

Untuk menjamin keselamatan dan keamanan wanita yang melakukan perjalanan umrah tanpa mahram, pemerintah Arab Saudi telah mengeluarkan beberapa aturan dan regulasi. Misalnya, wanita yang bepergian tanpa mahram harus menunjukkan bukti bahwa mereka memiliki teman yang bisa dihubungi di Arab Saudi. Selain itu, pemerintah Arab Saudi juga telah mengeluarkan aturan bahwa wanita yang bepergian tanpa mahram harus berada di bawah pengawasan selama perjalanan.

Apa Saja Persyaratan Perjalanan Umrah Tanpa Mahram?

Untuk dapat melakukan perjalanan umrah tanpa mahram, wanita harus memenuhi persyaratan berikut:

• Wanita harus berusia 21 tahun atau lebih.

• Wanita harus berangkat dari Arab Saudi.

• Wanita harus memiliki teman di Arab Saudi yang bisa dihubungi.

• Wanita harus menunjukkan dokumen yang membuktikan bahwa mereka telah mempersiapkan perjalanan mereka dengan benar.

• Wanita harus menunjukkan bukti bahwa mereka memiliki dana yang cukup untuk melakukan perjalanan.

• Wanita harus berada di bawah pengawasan selama perjalanan.

• Wanita harus mengikuti aturan yang berlaku di Arab Saudi.

Apa Saja Manfaat Perjalanan Umrah Tanpa Mahram?

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari perjalanan umrah tanpa mahram. Pertama, wanita dapat melakukan perjalanan tanpa harus dipersiapkan oleh orang lain. Kedua, wanita dapat mengatur sendiri jadwal dan tujuan perjalanan mereka. Ketiga, wanita dapat belajar tentang budaya dan adat istiadat di Arab Saudi.

BACA JUGA:   Ijin Kantor untuk Ibadah Umroh: Panduan Lengkap

Apa Saja Risiko Perjalanan Umrah Tanpa Mahram?

Meskipun ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari perjalanan umrah tanpa mahram, ada juga beberapa risiko yang harus dipertimbangkan. Risiko utama adalah bahwa wanita dapat menjadi korban penipuan atau kejahatan di Arab Saudi. Oleh karena itu, wanita harus berhati-hati dan mengikuti aturan yang berlaku di Arab Saudi.

Apakah Ada Batasan Usia?

Ya, ada batasan usia bagi wanita yang ingin melakukan perjalanan umrah tanpa mahram. Menurut aturan pemerintah Arab Saudi, wanita yang ingin melakukan perjalanan umrah tanpa mahram harus berusia 21 tahun atau lebih.

Bagaimana Cara Mempersiapkan Perjalanan Umrah Tanpa Mahram?

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat mempersiapkan perjalanan umrah tanpa mahram. Pertama, wanita harus memastikan bahwa mereka memiliki teman di Arab Saudi yang bisa dihubungi. Kedua, wanita harus mempersiapkan dokumen yang membuktikan bahwa mereka telah mempersiapkan perjalanan dengan benar. Ketiga, wanita harus memastikan bahwa mereka memiliki dana yang cukup untuk melakukan perjalanan.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa wanita dapat melakukan perjalanan umrah tanpa mahram. Namun, wanita harus mempersiapkan perjalanan dengan benar, memastikan bahwa mereka memiliki teman di Arab Saudi yang bisa dihubungi, dan memiliki dana yang cukup untuk melakukan perjalanan. Selain itu, wanita juga harus berhati-hati dan mengikuti aturan yang berlaku di Arab Saudi.

FAQ

Q: Apa yang dimaksud dengan muhrim?
A: Muhrim adalah orang yang ditentukan oleh syariat Islam untuk menemani wanita saat melakukan ibadah haji atau umrah. Muhrim ini harus memenuhi syarat-syarat tertentu yang ditentukan oleh agama, seperti hubungan darah atau hubungan perkawinan.

Q: Siapa yang dapat menjadi muhrim?
A: Menur

BACA JUGA:   Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Umroh: Pentingnya Persiapan Sebelum Berangkat