Skip to content
Home » Persyaratan Daftar Haji Bank Mandiri Syariah: Panduan Lengkap

Persyaratan Daftar Haji Bank Mandiri Syariah: Panduan Lengkap

Haji merupakan rukun Islam kelima yang wajib dilakukan oleh umat Muslim yang mampu secara finansial dan fisik. Bagi umat Muslim di Indonesia, perjalanan haji biasanya dilakukan melalui Kementerian Agama RI. Namun, saat ini juga terdapat opsi untuk mendaftar haji melalui lembaga keuangan syariah seperti Bank Mandiri Syariah.

Bagi Anda yang ingin berangkat haji melalui Bank Mandiri Syariah, berikut adalah persyaratan daftar haji Bank Mandiri Syariah yang harus dipenuhi:

1. Warga Negara Indonesia

Persyaratan pertama yang harus dipenuhi untuk mendaftar haji Bank Mandiri Syariah adalah harus merupakan warga negara Indonesia. Serta, harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Akta Kelahiran yang masih berlaku.

2. Berumur Minimal 18 Tahun

Calon jamaah haji Bank Mandiri Syariah harus berumur minimal 18 tahun pada saat pendaftaran. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa calon jamaah sudah dewasa dan mampu mengambil keputusan sendiri.

3. Telah Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)

Selain memiliki KTP dan akta kelahiran yang masih berlaku, calon jamaah juga harus telah memiliki Nomor Induk Keluarga (NIK). NIK ini berfungsi sebagai identitas kependudukan yang dikeluarkan oleh pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

4. Telah Mendapatkan Rekomendasi dari Kementerian Agama

Agar dapat mendaftar haji melalui Bank Mandiri Syariah, calon jamaah harus telah mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Agama setempat. Rekomendasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa calon jamaah memang memiliki niat yang kuat untuk menunaikan ibadah haji.

BACA JUGA:   Gambar Rute Perjalanan Ibadah Haji yang Wajib Diketahui

5. Memiliki Bukti Tabungan

Calon jamaah harus membuktikan bahwa ia memiliki tabungan yang cukup untuk membiayai perjalanan haji. Bukti tabungan yang diterima oleh Bank Mandiri Syariah minimal harus sebesar Rp. 25 juta dengan masa menabung minimal satu tahun.

6. Mengisi Formulir Pendaftaran

Setelah memenuhi seluruh persyaratan di atas, calon jamaah harus mengisi formulir pendaftaran haji Bank Mandiri Syariah dan menyerahkan berkas-berkas yang diminta seperti fotokopi KTP, akta kelahiran, dan bukti tabungan.

Jika calon jamaah telah memenuhi seluruh persyaratan di atas, maka ia dapat mendaftar haji melalui Bank Mandiri Syariah dan menikmati layanan yang disediakan oleh Bank Mandiri Syariah, termasuk kemudahan dalam pembayaran serta pelayanan berkualitas.

Kesimpulan

Mendaftar haji melalui lembaga keuangan syariah seperti Bank Mandiri Syariah bisa menjadi opsi yang cukup menguntungkan bagi sebagian orang. Namun, perlu diingat bahwa persyaratan daftar haji Bank Mandiri Syariah harus dipenuhi dengan baik agar calon jamaah dapat menunaikan ibadah haji dengan lancar dan aman.

Jangan lupa, sebelum mendaftar haji pastikan diri Anda untuk benar-benar memenuhi seluruh persyaratan yang dibutuhkan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mempersiapkan diri untuk menunaikan salah satu rukun Islam yang begitu penting ini.