Skip to content
Home » Persyaratan Pendaftaran Haji 2017: Tips Penting yang Harus Diketahui

Persyaratan Pendaftaran Haji 2017: Tips Penting yang Harus Diketahui

Apa Itu Pendaftaran Haji?

Pendaftaran Haji adalah proses pendaftaran yang dilakukan oleh para calon jamaah haji untuk melakukan ibadah haji ke tanah suci Makkah. Untuk tahun 2017, persyaratan pendaftaran haji harus dipenuhi oleh setiap orang yang ingin melakukan ibadah haji. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi tersebut meliputi:

Persyaratan Pendaftaran Haji 2017

  1. WNI berusia minimal 18 tahun
  2. Sehat jasmani dan rohani
  3. Memiliki paspor yang masih berlaku minimal hingga Mei 2018
  4. Tidak sedang dalam masa tahanan atau dalam pengawasan aparat keamanan
  5. Tidak sedang dalam masa menjalani hukuman atau proses penuntutan di pengadilan
  6. Sudah melakukan vaksinasi meningitis yang masih berlaku saat berangkat haji

Proses Pendaftaran Haji

Proses pendaftaran haji bisa diikuti oleh para calon jamaah haji di beberapa kantor pelayanan haji di wilayah Indonesia. Ada beberapa tahapan yang perlu dilalui dalam proses pendaftaran tersebut, seperti:

  1. Pengisian formulir pendaftaran
  2. Pembayaran biaya pendaftaran haji
  3. Medical Check Up (MCU)
  4. Pengurusan paspor, visa, dan tiket pesawat
  5. Penyerahan dokumen persyaratan lainnya seperti akte kelahiran, surat nikah, dan surat keterangan bekerja bagi calon jamaah yang sudah menikah atau bekerja.

Tips Penting saat Mendaftar Haji

Saat mendaftar haji, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk memudahkan proses pendaftaran dan persiapan haji, yaitu:

1. Persiapkan Dokumen dengan Baik

Sebelum mendaftar haji, pastikan bahwa semua dokumen persyaratan sudah disiapkan dengan baik dan lengkap. Dokumen yang harus disiapkan antara lain: paspor, surat nikah, akte kelahiran, dan surat keterangan bekerja. Jangan lupa untuk mengecek keabsahan dokumen tersebut dan pastikan bahwa dokumen tersebut memiliki masa berlaku yang masih cukup.

BACA JUGA:   Tanya Daftar Antrian Haji di Kabupaten Gresik

2. Lakukan Medical Check Up Secara Berkala

Pada tahap Medical Check Up, pastikan bahwa kondisi kesehatan Anda dalam keadaan baik dan memenuhi persyaratan. Lakukan medical check up secara berkala, terutama pada bagian jantung, paru-paru, dan tulang. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa Anda bisa melakukan ibadah haji dengan optimal dan meminimalisir resiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Pilih Agen Haji yang Terpercaya

Saat memilih agen haji, pastikan bahwa agen tersebut terpercaya dan memenuhi semua persyaratan dari Kementerian Agama. Tanyakan semua informasi yang diperlukan mengenai keberangkatan, biaya, dan fasilitas yang diberikan. Jangan sampai terjebak dalam penipuan dan kebohongan agen haji yang tidak bertanggung jawab.

Kesimpulan

Pendaftaran haji adalah proses yang sangat penting bagi para jamaah haji. Dalam proses pendaftaran tersebut, para jamaah harus mematuhi semua persyaratan yang telah ditentukan. Selain itu, perlu juga dilakukan persiapan dengan baik sebelum melakukan ibadah haji. Dengan memperhatikan semua tips yang diberikan, para calon jamaah haji bisa memudahkan diri untuk melaksanakan ibadah haji dengan baik dan lancar.