Skip to content
Home » Persyaratan Pendaftaran Petugas Haji 2018

Persyaratan Pendaftaran Petugas Haji 2018

Pendahuluan

Haji adalah salah satu rukun Islam yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim yang mampu baik secara finansial maupun fisik. Sebelum menjalankan ibadah haji, ada banyak persiapan yang harus dilakukan. Salah satunya adalah pendaftaran menjadi petugas haji.

Pendaftaran petugas haji ini sangat penting karena petugas inilah yang membantu jamaah haji selama menjalankan ibadah mereka di tanah suci. Oleh karena itu, dibutuhkan petugas haji yang berkompeten dan berkualitas. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang persyaratan pendaftaran petugas haji 2018.

Persyaratan Pendaftaran

  1. Warga Negara Indonesia
    Hal pertama yang harus dimiliki oleh calon petugas haji adalah menjadi warga negara Indonesia. Tanpa memiliki kewarganegaraan Indonesia, seseorang tidak dapat menjadi petugas haji.

  2. Beragama Islam
    Calon petugas haji haruslah beragama Islam. Hal ini sangat penting mengingat haji adalah rukun Islam yang harus dijalankan oleh umat muslim.

  3. Sehat Jasmani dan Rohani
    Menjadi petugas haji membutuhkan stamina yang kuat karena tugasnya yang sangat berat. Oleh karena itu, calon petugas haji haruslah memenuhi syarat kesehatan jasmani dan rohani.

  4. Berpendidikan Minimal S1
    Pendidikan yang dimiliki calon petugas haji juga tidak boleh sembarangan. Setidaknya, calon petugas haji harus berpendidikan minimal S1 agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

  5. Berpengalaman di Bidang Kesehatan atau Pendidikan
    Calon petugas haji haruslah memiliki pengalaman di bidang kesehatan atau pendidikan. Hal ini menjadi syarat karena tugas petugas haji sangatlah beragam, mulai dari urusan kesehatan hingga pendidikan.

  6. Tidak Bertindak Sebagai Calo
    Poin terakhir yang juga sangat penting adalah tidak bertindak sebagai calo. Calo adalah orang yang mencari keuntungan dari orang lain dengan mengambil sebagian dari uang seseorang. Oleh karena itu, calon petugas haji harus dipastikan tidak menjadi calo.

BACA JUGA:   Pemahaman Ibadah Haji Menurut Buya Yahya

Kesimpulan

Demikianlah persyaratan pendaftaran petugas haji 2018 yang harus diketahui oleh calon petugas haji. Mengingat pentingnya peran petugas haji selama pelaksanaan ibadah haji di tanah suci, maka dibutuhkan petugas haji yang berkualitas dan berkompeten. Dengan memenuhi persyaratan di atas, diharapkan seseorang dapat menjadi petugas haji yang baik dan dapat membantu jamaah haji dengan maksimal.