Skip to content
Home » Prosedur Melaksanakan Ibadah Haji dan Umrah

Prosedur Melaksanakan Ibadah Haji dan Umrah

Ibadah haji dan umrah merupakan salah satu kewajiban bagi umat Islam. Bagi yang memenuhi syarat, menjalankan ibadah ini merupakan saat yang sangat diidamkan dan diinginkan. Namun, bagi yang belum memahami prosedur pelaksanaannya, bisa menjadikan pelaksanaan ibadah ini menjadi sulit.

Berikut ini adalah prosedur melaksanakan ibadah haji dan umrah yang mudah dipahami:

Persiapan

Sebelum berangkat, pastikan Anda sudah mempersiapkan diri dengan baik. Lakukanlah riadah sebelum berangkat ke Tanah Suci. Selain itu pastikan bahwa Anda sudah mengurus segala dokumen yang diperlukan seperti paspor, visa, serta tiket penerbangan.

Tawaf

Setibanya di Masjidil Haram, Anda akan memulai ibadah dengan melakukan tawaf. Tawaf adalah berputar-putar mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali. Setelah selesai melakukan tawaf, shalat dua rakaat di Maqom Ibrahim yang terletak di samping Ka’bah.

Sai

Setelah selesai shalat di Maqom Ibrahim, selanjutnya melakukan sai. Sai adalah mencari air di antara dua bukit yaitu bukit Shafa dan Marwah sebanyak tujuh kali. Di bukit Shafa, bacalah doa Allahu Akbar, lalu turun dan berjalan cepat menuju bukit Marwah. Di bukit Marwah, baca lagi doa Allahu Akbar dan kemudian turun dan berjalan kembali ke bukit Shafa. Ulangi cara ini hingga selesai.

Haji

Setelah melakukan tawaf dan sai, selanjutnya melaksanakan wukuf di Arafah. Wukuf di Arafah adalah momen paling penting dalam ibadah haji. Selanjutnya, Anda akan menuju Muzdalifah untuk mengambil batu kerikil untuk melontarkan Jumrah. Lontarkan Tiga Jumrah pada hari pertama Idul Adha, kemudian lontarkan Jumrah delapan kecil pada tiga hari setelahnya.

Umrah

Bagi yang melakukan ibadah umrah, setelah melakukan tawaf dan sai, selanjutnya wajib melaksanakan tahallul. Tahallul adalah memotong rambut atau mencukurnya untuk mereniakan akhir dari pelaksanaan ibadah umrah.

BACA JUGA:   Daftar haji bayar berapa?

Penutup

Setelah selesai menjalankan ibadah haji atau umrah, jangan lupa untuk berdoa dan meminta ampunan kepada Allah. Perlu diingat bahwa ibadah haji dan umrah merupakan momen yang istimewa dan penuh dengan hikmah. Oleh karena itu, jangan sia-siakan peluang untuk mendapatkan pahala dan keberkahan yang besar.

Demikian tadi prosedur yang dapat Anda pahami sebelum melakukan ibadah haji dan umrah. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan memudahkan Anda dalam menjalankan ibadah haji dan umrah. Jangan lupa untuk tetap memperbanyak lagi ilmu dan menjaga kesucian hati dalam menjalani ibadah.