Skip to content
Home » Proses Daftar Haji di Depag

Proses Daftar Haji di Depag

Apabila Anda ingin beribadah haji, tentunya pasti ingin mengetahui tentang proses daftar haji di Depag. Tahapan yang harus dijalankan dalam melakukan pendaftaran haji di Depag sangatlah penting guna memastikan Anda dapat menunaikan ibadah haji dengan lancar.

Berikut adalah penjelasan terkait tahapan proses daftar haji di Depag:

Persiapan Dokumen

Sebelum melakukan pendaftaran haji di Depag, terlebih dahulu Anda harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Dokumen yang harus dipersiapkan antara lain adalah:

  • Paspor yang masih berlaku dan memiliki masa berlaku minimal 8 bulan
  • KTP yang masih berlaku
  • Akta Kelahiran/Kartu Keluarga
  • Surat Nikah/Surat Ketidakmampuan Menikah (bagi jamaah yang belum menikah)

Pastikan dokumen yang Anda persiapkan sudah sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan oleh Depag.

Pendaftaran Haji

Tahapan selanjutnya adalah melakukan proses pendaftaran haji di Depag. Untuk melakukan pendaftaran haji tersebut, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Mengunjungi website resmi Kementerian Agama (Kemenag) atau portal resmi penyelenggaraan ibadah haji.
  2. Melakukan registrasi akun terlebih dahulu dengan memasukkan email dan membuat password.
  3. Melakukan pengisian formulir pendaftaran haji secara online.
  4. Melakukan verifikasi data dan unggah dokumen-dokumen yang telah dipersiapkan.
  5. Melakukan pengajuan permohonan pendaftaran haji dan melakukan pembayaran pendaftaran.

Jangan lupa untuk memastikan bahwa seluruh data yang dimasukkan ke dalam formulir pendaftaran haji sudah benar dan sesuai dengan dokumen yang telah dipersiapkan.

Verifikasi Data

Setelah proses pendaftaran haji selesai dilakukan, tahapan berikutnya adalah proses verifikasi data. Depag akan melakukan verifikasi terhadap data yang sudah dimasukkan di dalam formulir pendaftaran haji dan dokumen yang sudah diunggah.

Pastikan bahwa dokumen yang telah diunggah merupakan dokumen yang benar dan sah. Bila terdapat data yang tidak sesuai, Anda dapat memperbaikinya sebelum proses verifikasi data selesai dilakukan.

BACA JUGA:   Daftar Nama Calon Haji 2019 Kotajambi

Pelunasan Biaya

Setelah proses verifikasi data selesai dilakukan, tahapan berikutnya adalah pelunasan biaya haji. Anda dapat melakukan pembayaran sesuai dengan informasi yang diberikan oleh Depag.

Pastikan melakukan pembayaran dalam waktu yang ditentukan guna memastikan proses pendaftaran haji Anda dapat berhasil dilakukan.

Pengambilan Visa

Setelah tahapan pelunasan biaya selesai dilakukan, tahapan berikutnya adalah proses pengambilan visa. Visa dibutuhkan guna memasuki wilayah Saudi Arabia.

Anda dapat melakukan proses pengambilan visa dengan mengunjungi kantor Daker yang telah ditunjuk oleh Depag.

Penyelesaian Proses

Proses daftar haji di Depag akan selesai setelah Anda berhasil melakukan seluruh tahapan tersebut. Pastikan Anda selalu memantau kemajuan proses pendaftaran haji Anda di dalam akun yang telah didaftarkan pada website resmi Kemenag.

Dalam melakukan seluruh tahapan yang telah dijelaskan di atas, pastikan Anda tidak tergesa-gesa dan selalu bertanya pada pihak yang berkompeten. Semoga proses daftar haji di Depag dapat dilakukan dengan lancar dan sukses.