Skip to content
Home » Puasa Sebelum Puasa Ramadhan

Puasa Sebelum Puasa Ramadhan

Puasa bukanlah sekadar menahan lapar dan haus, tetapi lebih dari itu puasa memiliki nilai-nilai spiritual yang tinggi. Salah satunya adalah menjadi alat untuk membersihkan jiwa dan mengikat tali persaudaraan antar umat muslim.

Sebelum menjalankan puasa Ramadhan, kita sebaiknya melakukan puasa sunnah sebanyak mungkin. Puasa sunnah ini juga dikenal dengan puasa sunnah rajab dan puasa sunnah sya’ban.

Puasa Sunnah Rajab

Puasa sunnah rajab dilakukan pada bulan Rajab yang merupakan bulan ke-7 dalam kalender Hijriyah. Puasa ini dilakukan pada hari senin dan kamis selama bulan rajab.

Puasa senin dan kamis memang sudah biasa dilakukan oleh umat islam pada umumnya, namun pada bulan rajab puasa ini memiliki keutamaan khusus. Menurut hadits, puasa rajab adalah di antara puasa yang paling disukai oleh Allah SWT.

Puasa sunnah rajab bisa membantu menghapuskan dosa-dosa kita serta memperoleh keberkahan dari Allah SWT. Selain itu, puasa ini juga bisa membantu menyehatkan tubuh dan meningkatkan keimanan.

Puasa Sunnah Sya’ban

Puasa sunnah sya’ban dilakukan pada bulan Sya’ban yang merupakan bulan ke-8 dalam kalender Hijriyah. Puasa ini dilakukan pada hari senin dan kamis selama sebulan penuh.

Puasa sunnah sya’ban juga memiliki keutamaan khusus. Pada bulan ini, Allah SWT akan memperbanyak tanaman-tanaman di bumi, sehingga bisa membantu meningkatkan produksi petani dan mengurangi kemiskinan.

Puasa sunnah sya’ban juga bisa membantu memperoleh keberkahan dari Allah SWT. Selain itu, puasa ini juga bisa membantu membersihkan jiwa dan meningkatkan keimanan.

Pentingnya Melakukan Puasa Sunnah

Melakukan puasa sunnah sebelum puasa Ramadhan adalah penting karena bisa membantu meningkatkan persiapan kita untuk menjalankan puasa Ramadhan dengan baik. Selain itu, puasa sunnah juga memperoleh keutamaan yang sama dengan puasa Ramadhan.

BACA JUGA:   Apakah Kita Boleh Membatalkan Puasa Ramadan?

Dalam Islam, puasa sunnah merupakan salah satu bentuk beribadah. Melalui puasa sunnah, kita bisa mendapatkan pahala dari Allah SWT dan membersihkan diri dari dosa-dosa.

Oleh karena itu, sebaiknya kita melakukan puasa sunnah sebanyak mungkin, terutama saat sudah mendekati bulan Ramadhan. Puasa sunnah rajab dan puasa sunnah sya’ban adalah dua di antara banyak pilihan puasa sunnah yang bisa kita lakukan.

Kesimpulan

Puasa sebelum puasa Ramadhan merupakan persiapan yang baik untuk menjalankan puasa Ramadhan dengan lebih lancar. Puasa sunnah rajab dan puasa sunnah sya’ban adalah dua di antara banyak pilihan puasa sunnah yang bisa kita lakukan.

Melalui puasa sunnah, kita bisa mendapatkan keutamaan yang sama dengan puasa Ramadhan, serta membersihkan diri dari dosa-dosa. Oleh karena itu, sebaiknya kita melakukan puasa sunnah sebanyak mungkin, terutama saat sudah mendekati bulan Ramadhan.

Mari kita tingkatkan keimanan dan menjaga tali persaudaraan kita melalui puasa sunnah. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita kemudahan dalam menjalankan puasa Ramadhan dan beribadah di bulan suci yang penuh berkah ini.