Skip to content
Home » Rukun Ibadah Umroh

Rukun Ibadah Umroh

Pendahuluan

Umroh adalah salah satu ibadah penting dalam agama Islam yang dilakukan dengan cara mengunjungi Kota suci Mekah dan Madinah. Umroh dapat dilakukan kapan saja selama setahun dan bukan merupakan kewajiban seperti halnya haji. Namun begitu umroh memiliki nilai spiritual yang tinggi bagi umat Islam. Dalam melaksanakan umroh, ada beberapa rukun ibadah umroh yang harus dipenuhi oleh para jamaah.

Rukun Ibadah Umroh

Rukun ibadah umroh terdiri dari 4 hal yang harus dilakukan oleh jamaah. Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkapnya:

1. Ihram

Ihram adalah niat yang diucapkan oleh jamaah umroh saat memasuki miqat. Niat ini dilakukan dengan mengucapkan "Labbaik Allahumma Umrah" atau "Saya datang sebagia hamba-Mu, ya Allah untuk melakukan Umroh". Selain itu, jamaah perlu mengenakan pakaian ihram yang terdiri dari dua potong kain putih yang tidak terjahit di bagian badan.

2. Thawaf

Setelah memasuki kota Mekah, jamaah umroh harus melakukan thawaf atau mengelilingi Kabah sebanyak 7 kali dengan mengucapkan doa dan dzikir. Thawaf dilakukan dengan arah searah jarum jam dan dimulai dari Hajar Aswad, yaitu batu hitam di salah satu dinding Kabah.

3. Sa’i

Setelah selesai thawaf, jamaah umroh harus melakukan sa’i atau berlari-lari kecil antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak 7 kali. Sa’i dilakukan untuk mengenang perjuangan Siti Hajar mencari air untuk anaknya yang masih bayi di padang pasir.

4. Tahalul

Tahalul adalah proses mencukur atau memotong rambut jamaah umroh sebagai tanda sudah selesai melaksanakan ibadah umroh.

Kesimpulan

Melaksanakan ibadah umroh bukanlah perkara mudah, namun dengan memenuhi rukun-rukun ibadah umroh, jamaah dapat membuat ibadahnya menjadi lebih sempurna. Setiap rukun memiliki makna dan hikmah tersendiri, sehingga sangat penting untuk menjalankannya dengan penuh kesadaran dan keikhlasan. Semoga melaksanakan ibadah umroh yang membawa keberkahan dan keteduhan hati bagi para jamaah.

BACA JUGA:   Daftar Umroh di Qarnul Manazil