Skip to content
Home » Sa’i Adalah Sebuah Ibadah Haji

Sa’i Adalah Sebuah Ibadah Haji

Pengenalan

Salah satu dari lima rukun Islam adalah ibadah haji. Selama melakukan ibadah haji, setiap muslim diwajibkan untuk mengunjungi beberapa tempat suci di Makkah, termasuk melakukan sa’i. Namun, tidak banyak orang yang tahu bahwa sa’i adalah sebuah ibadah yang memiliki banyak makna.

Apa Itu Sa’i?

Sa’i adalah ritual yang dilakukan saat ibadah haji di mana peziarah melakukan perjalanan tujuh kali bolak-balik antara bukit Safa dan Marwah. Ritual ini dilakukan untuk mengenang momen ketika Hajar (istri Nabi Ibrahim) mencari air untuk anaknya Ismail di tempat yang sekarang menjadi Makkah.

Makna Sa’i

Tidak semua orang tahu bahwa sa’i memiliki makna yang sangat dalam. Saat melakukan sa’i, peziarah harus mengulang-ulang perjalanan tersebut sebanyak tujuh kali. Hal ini menunjukkan ketekunan dan ketabahan dalam mencari sesuatu yang sangat penting, seperti air untuk kelangsungan hidup.

Dalam Islam, sa’i juga diasosiasikan dengan konsep taqwa, yaitu ketakwaan kepada Allah. Hal ini dapat dilihat dari perintah Allah di dalam Al-Quran:

"Sesungguhnya Safa dan Marwah adalah sebahagian dari syi’ar Allah, karena itu barangsiapa yang menunaikkan ibadah haji di Baitullah atau umroh, maka tidak ada dosa baginya berjalan-jalan di antara keduanya. Dan barangsiapa yang mengerjakan suatu kebajikan dengan kerelaan hati, maka sesungguhnya Allah Maha Mengampuni lagi Maha Mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 158)

Petunjuk Sa’i

Berikut adalah beberapa petunjuk yang harus diperhatikan saat melakukan sa’i:

  1. Sa’i dilakukan setelah tawaf wada’
  2. Sa’i harus dilakukan di antara bukit Safa dan Marwah
  3. Sa’i harus dilakukan sebanyak tujuh kali
  4. Setiap perjalanan harus dimulai dari bukit Safa dan diakhiri di bukit Marwah
BACA JUGA:   Download Khutbah Idul Adha Tiga Makna Dibalik Ibadah Haji

Kesimpulan

Sa’i adalah ibadah yang sangat penting dalam agama Islam. Melalui sa’i, seseorang dapat menunjukkan ketekunan dan ketabahan dalam mencari sesuatu yang sangat penting. Selain itu, sa’i juga mengandung makna taqwa atau ketakwaan kepada Allah. Oleh karena itu, semua peziarah diwajibkan untuk melaksanakan ibadah haji dengan benar, termasuk melakukan sa’i dengan penuh kesabaran dan ketaatan.