Skip to content
Home » Segala yang Perlu Diketahui tentang Ibadah Haji Menurut Alkitab PL

Segala yang Perlu Diketahui tentang Ibadah Haji Menurut Alkitab PL

Ibadah haji adalah salah satu kewajiban umat Islam yang harus dilaksanakan sekurang-kurangnya sekali seumur hidup apabila mampu. Bagaimana dengan Ibadah Haji menurut Alkitab PL? Alkitab PL selama ini sering dipakai oleh jemaat gereja-gereja di Indonesia. Lalu, apakah Ibadah Haji sudah ada dalam Alkitab PL?

Definisi Ibadah Haji Menurut Alkitab PL

Sebenarnya, tidak ada istilah Haji dalam Alkitab PL. Namun, jika kita membahas mengenai perintah tentang ibadah, dapat kita temukan dalam Kitab Makkabi.

"Hai umat Yehuda, bersihkanlah diri kalian dengan sempurna Lalu membayar pengorbanan syukur dan memberikan persembahan. Itulah yang harus kalian lakukan."
(2 Makkabi 12:31)

Meskipun ayat tersebut tidak secara langsung menyebutkan Ibadah Haji, namun terdapat unsur-unsur Ibadah Haji yang didalamnya, seperti membersihkan diri, pengorbanan, dan persembahan. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa unsur-unsur Ibadah Haji sudah ada dalam Kitab Makkabi.

Namun begitu, bagi umat Kristen, Ibadah Haji tentunya bukanlah salah satu dari Lima Rukun Islam yang wajib dilakukan.

Persamaan dan Perbedaan antara Ibadah Haji Dalam Islam dan Alkitab PL

Meski Ibadah Haji dalam Islam dan Alkitab PL memiliki unsur yang sama, terdapat perbedaan dalam pelaksanaannya.

Dalam Islam, salah satu unsur utama dari ibadah haji adalah berkunjung ke Ka’bah di Mekah. Sedangkan dalam Alkitab PL tidak ada daerah yang ditetapkan sebagai tempat suci, sebagaimana halnya Mekah bagi umat Muslim.

Namun, meskipun terdapat perbedaan dalam pelaksanaannya, Ibadah Haji sendiri pada dasarnya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

BACA JUGA:   Daftar KBIH Haji Depok: Semua yang Perlu Kamu Ketahui

Penutup

Sebagai kesimpulan, meskipun tidak ada istilah Haji dalam Alkitab PL, unsur-unsur Ibadah Haji sudah dapat kita temukan dalam beberapa ayat yang ada. Untuk umat Kristen, mengikuti perintah dalam Kitab Makkabi tentang membersihkan diri, pengorbanan, dan persembahan, merupakan bentuk pengamalan ajaran agama. Namun, Ibadah Haji sendiri bukanlah bagian dari Lima Rukun Kristen.

Masing-masing agama memiliki aturan dan tatacara ibadah yang berbeda. Namun, pada dasarnya Ibadah Haji dalam Islam dan Ibadah dalam Kitab Makkabi sama-sama memiliki tujuan untuk mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa. Semoga artikel ini bermanfaat. Allah SWT Maha Mengetahui.