Skip to content
Home » Sejarah Singkat Ibadah Haji

Sejarah Singkat Ibadah Haji

Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap muslim yang mampu secara finansial dan fisik. Meskipun ibadah haji sudah menjadi bagian dari kehidupan muslim sejak dahulu kala, tidak semua orang tahu tentang sejarah dan asal usul ibadah haji. Dalam artikel ini, kita akan membahas sejarah singkat ibadah haji dari awal mula hingga saat ini.

Awal Mula Ibadah Haji

Sejarah ibadah haji dimulai pada zaman Nabi Ibrahim AS. Nabi Ibrahim diberitahu oleh Allah SWT untuk membawa keluarganya, termasuk istri Hajar dan anaknya Ismail, ke Makkah. Di sana, mereka diperintahkan untuk membangun Ka’bah, rumah suci Allah SWT. Ka’bah kemudian menjadi tujuan ziarah bagi orang-orang yang ingin melaksanakan ibadah haji.

Perkembangan Ibadah Haji

Pada awalnya, ibadah haji hanya dilakukan oleh sedikit orang saja. Namun, seiring dengan berkembangnya Islam dan semakin banyaknya orang yang beragama Islam, jumlah orang yang melaksanakan ibadah haji pun semakin bertambah. Pada masa khilafah Umar bin Khattab, bentuk-bentuk pengaturan dan peraturan ibadah haji pun mulai dibuat.

Selama beberapa abad, ibadah haji dipimpin oleh para pemimpin lokal dari suku-suku di sekitar Makkah. Namun, pada abad ke-10, pemerintah Islam pertama, Abbasiyah, mulai mengontrol ibadah haji. Mereka menunjuk seorang pejabat khusus untuk mengatur ibadah haji dan membangun fasilitas untuk para peziarah.

Perkembangan Ibadah Haji di Indonesia

Di Indonesia, agama Islam pertama kali masuk pada abad ke-5 Masehi melalui pedagang-pedagang dari Arab dan Gujarat. Pada abad ke-13, Kerajaan Samudera Pasai di Aceh menjadi salah satu pusat penyebaran ajaran Islam. Pada masa penjajahan Belanda, perjalanan ke Makkah menjadi sangat sulit bagi orang Indonesia karena Belanda memberlakukan pembatasan perjalanan.

BACA JUGA:   Keberangkatan Haji Pendaftaran 2017

Setelah Indonesia merdeka, pemerintah Indonesia mulai berusaha memfasilitasi perjalanan haji bagi para calon jamaah. Pada tahun 1953, Garuda Indonesia mulai melayani penerbangan ke Makkah untuk melaksanakan ibadah haji. Saat ini, Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah jamaah haji terbesar di dunia.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita sudah membahas sejarah singkat ibadah haji dari awal mula hingga saat ini. Meskipun ibadah haji sudah dilakukan oleh orang-orang sejak zaman Nabi Ibrahim, pengaturan dan peraturan ibadah haji baru mulai dibuat pada masa khilafah Umar bin Khattab. Di Indonesia, perjalanan ke Makkah sudah menjadi lebih mudah setelah Indonesia merdeka. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua muslim yang ingin mengetahui lebih banyak tentang sejarah ibadah haji.