Skip to content
Home » Selamat Menjalankan Ibadah Umroh: Panduan Lengkap untuk Calon Jamaah

Selamat Menjalankan Ibadah Umroh: Panduan Lengkap untuk Calon Jamaah

Salam Hormat untuk Calon Jamaah Umroh! Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap untuk mempersiapkan dan menjalankan ibadah Umroh dengan sempurna.

Apa itu Umroh dan Kenapa Penting?

Umroh adalah suatu perjalanan ke Mekah, tempat suci dalam agama Islam, untuk menunaikan ibadah yang dikenal sebagai Umroh. Ini adalah salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh umat Islam sekurang-kurangnya satu kali dalam hidup mereka, dengan syarat mampu secara finansial dan fisik. Umroh bisa dilakukan kapan saja dalam satu tahun, tidak seperti haji yang hanya bisa dilakukan pada waktu-waktu tertentu dalam tahun Hijriah.

Ibadah Umroh termasuk dalam rukun Islam kedua, yaitu salat. Secara teknis, Umroh terdiri dari tujuh tindakan ritual yang dilakukan di kota suci Mekah dan Madinah: Ihram, Tawaf, Sa’i, Tahalul, Tahallul, Mabit di Mina, dan Mabit di Arafah. Ibadah ini sangat penting bagi umat Islam karena dapat memberikan keberkahan, ketenangan, dan melatih kesabaran dalam diri.

Persiapan Umroh

Mempersiapkan diri untuk Umroh membutuhkan beberapa persiapan dan rencana, seperti:

Persiapan Dokumen

  1. Paspor; pastikan paspor anda masih berlaku minimal enam bulan sebelum keberangkatan. La tahzan, karena hal ini dapat menjadi penghambat jika paspor kamu sudah kadaluarsa.
  2. Visa; jangan lupa untuk membuat visa umroh. Visa umroh dapat dicari melalui biro perjalanan umroh atau difasilitasi oleh pihak travel.
  3. Surat Keterangan Sehat; Pastikan kondisi kesehatan anda baik-baik saja dan harus menunjukkan surat keterangan sehat dari dokter.
BACA JUGA:   List atau Daftar Travel Umroh Resmi Kemenag 2019

Persiapan Kesehatan

Kita harus menjaga kesehatan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan umroh. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan :

  1. Makan Sehat; Sembilan bulan sebelum umroh, Anda harus menyiapkan tubuh Anda dengan menjaga pola makan sehat dengan makanan yang seimbang.
  2. Rutin Berolahraga; Untuk persiapan fisik, sangat disarankan untuk berolahraga secara teratur. Berolahraga akan membantu membentuk fisik yang siap dan kuat dalam menjalankan umroh.
  3. Jangan Lupa Vaksinasi; penyakit yang mungkin ada di Arab Saudi bisa berbeda dengan di Indonesia. Maka, jangan lupa lakukakan vaksin dengan cara berkonsultasi dengan dokter atau klinik kepercayaan.

Persiapan Keuangan

Perjalanan umroh tidak murah dan diperlukan perencanaan yang cukup matang untuk keperluan biaya. Berikut tips dari kami agar dapat mempersiapkan keuangan dengan baik :

  1. Menyisihkan Sejumlah Keuangan; Sisihkan sejumlah uang sebagai biaya umroh yang akan dilakukan.
  2. Melakukan Saving; membuat simpanan juga bisa menjadi pilihan untuk mengumpulkan dana. Satu tahun sebelum keberangkatan, Rencana keuangan yang jelas dapat membantu dan memudahkan dalam mengatur keuangan Anda.
  3. Berhemat; Berhemat itu penting. Mulai dari penggunaan transportasi publik, mengurangi makanan mahal atau memilih yang moderate, penggunaan internet dan hp yang bijak. Banyak cara untuk berhemat.

Persiapan Rohani

Persiapkan juga diri dari segi rohani dengan tujuan agar dapat menjalankan kegiatan umroh dengan baik. Berikut beberapa cara untuk persiapan rohani :

  1. Membaca Al-Quran; Rajinlah membaca Al-Qur’an, karena Al-Qur’an adalah sumber utama ajaran Islam, maka rajinlah membaca dan belajar kandungan serta artinya.
  2. Tadarus Rutin; Kegiatan ini mendatangkan banyak keutungan, selain pahala yang didapat, hafalan Al-Quran akan semakin berkembang sehingga lebih siap dalam perjalanan umroh.
  3. Memperbanyak Dakwah; Berdakwahlah ke orang-orang yang dekat dengan kita. Kaum muslimin harus menebarkan informasi yang benar tentang perjalanan umroh dan overland ke Arab Saudi.
BACA JUGA:   Daftar Umroh di Bank: Temukan Paket Terbaik dengan Mudah

Tips Penting Selama Umroh

Berikut tips-tips yang sangat penting selama menjalankan ibadah Umroh:

Jadwal Pemberangkatan

Jangan sampai terlambat untuk tiba di bandara karena ini bisa menjadi masalah yang besar. Ada baiknya untuk tiba di bandara 3-4 jam sebelum penerbangan dengan mempersiapkan barang-barang elektronik dan tiket.

Kepatuhan Pada Aturan Umroh

Calon Jamaah Umroh harus menaati setiap aturan yang berlaku selama menjalankan ibadah umroh. Hal ini sangat penting untuk menjaga keselamatan dan berlaku sebagai tindakan penghormatan.

Dapat Menjaga Kondisi Fisik

Selama perjalanan umroh, penting juga untuk selalu menjaga kondisi fisik tubuh. Makan teratur dan minum banyak air putih karena cuaca yang panas akan membuat tubuh cepat dehidrasi.

Kesimpulan

Maka, berdasarkan panduan untuk menjalankan ibadah umroh ini, calon Jamaah diharapkan dapat mempersiapkan diri dengan baik dan bermanfaat secara jangka panjang. Semoga dapat membantu dan dapat memudahkan kegiatan perjalanan Umroh.

Qodamullahu minna wa minkum ala kulli khair, Hatta alqoyah Baitullah.