Skip to content
Home » Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Biaya Haji Reguler Saat Ini

Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Biaya Haji Reguler Saat Ini

Berapa biaya haji Reguler sekarang?

Berapa Biaya Haji Reguler?

Ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh muslim yang mampu. Tahun 2023, Kementerian Agama (Kemenag) selaku wakil pemerintah mengusulkan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) sebesar Rp 98.893.909. BPIH ini merupakan biaya haji reguler yang ditanggung oleh jemaah haji sebesar Rp 69 juta.

Komponen Biaya Haji Reguler

Biaya haji reguler terdiri dari beberapa komponen biaya yang harus dibayarkan oleh jemaah haji sebelum berangkat. Komponen biaya haji reguler tersebut adalah sebagai berikut:

1. Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran haji reguler yang dikenakan kepada jemaah haji sebesar Rp 4.000.000. Biaya ini berlaku untuk jemaah haji yang ingin mendaftar secara resmi dan mendapatkan surat izin haji reguler.

2. Biaya Pemeriksaan Kesehatan

Biaya pemeriksaan kesehatan untuk haji reguler sebesar Rp 500.000. Biaya ini wajib dibayarkan oleh jemaah haji sebelum keberangkatan. Pemeriksaan kesehatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa jemaah haji memiliki kondisi kesehatan yang prima sebelum berangkat.

3. Biaya Pengurusan Dokumen

Biaya pengurusan dokumen haji reguler sebesar Rp 1.000.000. Biaya ini merupakan biaya yang dibayarkan oleh jemaah haji untuk pengurusan dokumen yang dibutuhkan selama proses ibadah haji, seperti surat izin haji, surat keterangan keberangkatan haji, serta dokumen lain yang diperlukan.

4. Biaya Asuransi

Biaya asuransi haji reguler sebesar Rp 5.000.000. Biaya ini merupakan biaya untuk asuransi jemaah haji selama proses ibadah haji. Asuransi ini bertujuan untuk memberikan perlindungan bagi jemaah haji jika ada kecelakaan atau kerugian selama proses ibadah haji.

BACA JUGA:   Persyaratan Mampu Ibadah Haji Disebut

5. Biaya Transportasi

Biaya transportasi haji reguler sebesar Rp 50.000.000. Biaya ini merupakan biaya yang dibayarkan oleh jemaah haji untuk biaya transportasi menuju tanah suci, baik dengan pesawat ataupun kapal laut.

6. Biaya Penginapan

Biaya penginapan haji reguler sebesar Rp 8.000.000. Biaya ini merupakan biaya yang dibayarkan oleh jemaah haji untuk biaya penginapan selama proses ibadah haji.

7. Biaya Makan dan Minum

Biaya makan dan minum haji reguler sebesar Rp 5.000.000. Biaya ini merupakan biaya yang dibayarkan oleh jemaah haji untuk biaya makan dan minum selama proses ibadah haji.

8. Biaya Uang Saku

Biaya uang saku haji reguler sebesar Rp 2.500.000. Biaya ini merupakan biaya yang dibayarkan oleh jemaah haji untuk biaya uang saku selama proses ibadah haji.

Perincian Biaya Haji Reguler

Berikut ini adalah perincian biaya haji reguler tahun 2023 yang ditanggung oleh jemaah haji:

  • Biaya Pendaftaran: Rp 4.000.000
  • Biaya Pemeriksaan Kesehatan: Rp 500.000
  • Biaya Pengurusan Dokumen: Rp 1.000.000
  • Biaya Asuransi: Rp 5.000.000
  • Biaya Transportasi: Rp 50.000.000
  • Biaya Penginapan: Rp 8.000.000
  • Biaya Makan dan Minum: Rp 5.000.000
  • Biaya Uang Saku: Rp 2.500.000
  • Total Biaya Haji Reguler: Rp 69.000.000

Dari perincian biaya haji reguler di atas, jelas bahwa biaya yang ditanggung oleh jemaah haji sebesar Rp 69 juta. Biaya ini harus dibayarkan oleh jemaah haji sebelum melakukan ibadah haji.

Cara Mempersiapkan Biaya Haji Reguler

Mempersiapkan biaya haji reguler bisa menjadi salah satu hal yang menakutkan bagi jemaah haji. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan biaya haji reguler:

  • Mulailah dengan menyisihkan uang secara berkala. Berapa pun besarnya nominal yang disisihkan, pastikan Anda tetap menyisihkan uang secara rutin. Jika Anda memiliki kebiasaan menyisihkan uang secara rutin, maka Anda akan lebih mudah mengumpulkan uang yang dibutuhkan untuk biaya haji reguler.
  • Buatlah rencana anggaran dan jadwalkan pembayaran. Buatlah rencana anggaran yang sesuai dengan jadwal dan jumlah biaya yang akan dibayarkan. Ini akan membantu Anda untuk terorganisir dan menghindari terjadinya keterlambatan dalam pembayaran biaya haji.
  • Pilihlah jalur haji yang sesuai dengan budget. Pilihlah jalur haji yang sesuai dengan budget Anda. Pilihlah jalur haji yang menawarkan harga yang lebih terjangkau dan kualitas pelayanan yang baik.
  • Cari informasi mengenai potongan biaya haji. Carilah informasi mengenai potongan biaya haji yang ditawarkan oleh beberapa pihak, seperti pemerintah ataupun lembaga-lembaga swadaya masyarakat. Dengan memanfaatkan potongan biaya haji yang ditawarkan, Anda bisa menghemat biaya haji reguler.
BACA JUGA:   Apakah Ibadah Haji Bisa Diwakilkan?

Kesimpulan

Biaya haji reguler tahun 2023 yang ditanggung oleh jemaah haji sebesar Rp 69 juta