Skip to content
Home » Siapa Penerima Zakat Mal?

Siapa Penerima Zakat Mal?

Zakat merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap orang muslim yang memiliki harta yang mencapai nisab atau batas tertentu. Zakat merupakan salah satu dari lima rukun Islam yang harus dilakukan oleh setiap muslim. Ada dua jenis zakat, yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Zakat mal adalah zakat yang dikeluarkan dari harta yang dimiliki.

Menurut hukum Islam, zakat mal wajib diberikan kepada mereka yang memenuhi syarat sebagai penerima zakat mal. Siapa sajakah mereka? Berikut adalah penjelasan mengenai siapa saja yang berhak menerima zakat mal:

Orang Miskin

Orang miskin adalah orang yang mempunyai kebutuhan dasar yang tidak tercukupi, seperti pangan, sandang, dan papan. Orang miskin dapat termasuk dalam golongan fakir, misalnya yang mempunyai penghasilan di bawah garis kemiskinan. Orang miskin juga meliputi anak yatim, janda, dan kaum duafa.

Orang yang Berhutang

Orang yang berhutang meliputi orang-orang yang terlilit hutang dan tidak mampu melunasinya. Mereka termasuk kedalam golongan mustahiq atau penerima zakat karena kebutuhan mereka yang penting harus terpenuhi.

Pegawai yang Dikirim oleh Pemerintah

Pegawai yang dikirim oleh pemerintah ke daerah-daerah terpencil atau wilayah-wilayah tertentu juga masuk dalam kategori penerima zakat mal. Penerima zakat juga dapat diberikan kepada ahli waris dari para pejuang yang telah gugur dalam perjuangan untuk mempertahankan agama dan negara.

Mualaf

Mualaf adalah orang yang baru memeluk agama Islam dan dalam keadaan kesulitan finansial. Zakat mal wajib diberikan untuk membantu kebutuhan mereka agar dapat memperkuat keyakinan dalam agama Islam.

Pengelola Zakat

Pengelola zakat juga termasuk penerima zakat, karena mereka pekerjaan dari penerima zakat tersebut merupakan profesinya dan memiliki hak yang sama seperti mustahiq lainnya. Jangan lupa untuk memilih pengelola zakat yang terpercaya agar zakat yang diberikan dapat sampai ke tangan yang membutuhkan.

BACA JUGA:   Apa saja yang Diwajibkan untuk Berzakat

Kepentingan Umum

Zakat mal dapat diberikan untuk kepentingan umum, seperti pembangunan masjid, sekolah, dan fasilitas-fasilitas sosial yang bermanfaat bagi masyarakat.

Setelah mengetahui siapa saja yang berhak menerima zakat mal, maka sebagai seorang muslim wajib menunaikan kewajibannya dalam memberikan zakat tersebut. Berikan zakat mal pada yang berhak menerima dengan penuh keikhlasan dan kepercayaan agar zakat yang diberikan bermanfaat bagi penerima dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Semoga artikel ini bermanfaat.