Skip to content
Home » Siapa saja orang yang dibebankan kewajiban haji?

Siapa saja orang yang dibebankan kewajiban haji?

Siapa saja orang yang dibebankan kewajiban haji?

Siapa saja yang Dibebankan Kewajiban Haji?
Kewajiban melaksanakan haji adalah wajib bagi setiap muslim yang mampu, sesuai dengan firman Allah dalam Surah Ali Imran Ayat 97. Ibadah haji, fardhu adalah sesuatu yang apabila tidak dikerjakan sesuai ketentuannya, maka ibadah haji tidak sah; seperti tidak melakukan wukuf di ‘Arafah. Kewajiban itu ditetapkan oleh Allah dan tidak boleh diabaikan.

Hukum Haji Menurut Islam
Haji adalah salah satu dari sepuluh rukun Islam dan merupakan salah satu dari lima ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap umat Muslim yang mampu. Allah berfirman di dalam Al-Quran: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berhaji ke Baitullah (Kaabah)…” (Surah Al-Imran ayat 97). Pada ayat ini, Allah menjelaskan bahwa melakukan haji adalah merupakan kewajiban bagi setiap umat Muslim yang mampu.

Pengertian Haji
Haji adalah sebuah ibadah yang dilakukan oleh umat Muslim yang mampu untuk melaksanakan ibadah haji ke Baitullah (Kaabah) pada bulan Zulhijah. Pada saat melakukan haji, umat Muslim harus menyelesaikan semua rukun haji yang telah ditentukan, seperti wukuf di ‘Arafah, menyembelih binatang, dan melakukan tawaf di Kaabah.

Siapa Saja yang Dibebankan Kewajiban Haji?
Menurut hukum Islam, kewajiban melaksanakan haji adalah wajib bagi setiap muslim yang mampu. Hal ini berdasarkan firman Allah dalam Al-Quran: “…diwajibkan atas kamu berhaji ke Baitullah (Kaabah) jika kamu mempunyai kemampuan…” (Surah Ali Imran ayat 97). Kewajiban melaksanakan haji ini juga ditegaskan oleh Nabi Muhammad SAW di dalam sabdanya, ia bersabda: “Barangsiapa yang memiliki kemampuan untuk melakukan haji maka hendaklah ia berhaji”.

Kriteria yang Dibutuhkan untuk Mendapatkan Kewajiban Haji
Untuk memenuhi syarat dan mendapatkan kewajiban melaksanakan haji, ada beberapa syarat dan kriteria yang harus dipenuhi, di antaranya adalah:

BACA JUGA:   Daftar Tunggu Haji Kabupaten Mojokerto: Benarkah Meningkat?

1. Syarat Umur
Kewajiban melaksanakan haji hanya diberikan kepada orang yang telah berusia cukup, yaitu telah baligh (dewasa) atau telah berumur 12 tahun atau lebih.

2. Syarat Kesehatan
Kewajiban melaksanakan haji juga hanya diberikan kepada orang yang memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik. Orang yang memiliki penyakit yang dapat mengganggu dan mempengaruhi keselamatan dirinya atau orang lain ketika melakukan ibadah haji tidak dipersilahkan untuk melakukan haji.

3. Syarat Keuangan
Kewajiban melaksanakan haji juga hanya diberikan kepada orang yang memiliki cukup uang untuk melakukan ibadah haji. Biaya yang dikeluarkan untuk melakukan ibadah haji sangat mahal dan umat Muslim harus mempersiapkan dana yang cukup untuk melakukannya.

4. Syarat Perjalanan
Kewajiban melaksanakan haji juga hanya diberikan kepada orang yang memiliki kemampuan untuk pergi ke tanah suci Makkah. Umat Muslim harus mempersiapkan alat transportasi yang aman dan nyaman untuk pergi ke tanah suci Makkah.

5. Syarat Permohonan
Kewajiban melaksanakan haji juga hanya diberikan kepada orang yang telah mengajukan permohonan haji kepada pihak berwenang. Umat Muslim harus mendaftar ke Kementerian Agama (Kemenag) atau Lembaga Haji Indonesia (LHI) untuk mendapatkan kewajiban melaksanakan haji.

Kesimpulan
Kewajiban melaksanakan haji adalah wajib bagi setiap muslim yang mampu, sesuai dengan firman Allah dalam Surah Ali Imran Ayat 97. Untuk memenuhi syarat dan mendapatkan kewajiban melaksanakan haji, ada beberapa syarat dan kriteria yang harus dipenuhi, di antaranya adalah syarat umur, syarat kesehatan, syarat keuangan, syarat perjalanan, dan syarat permohonan.

FAQ
Q1. Apakah haji merupakan salah satu dari sepuluh rukun Islam?
A1. Ya, haji merupakan salah satu dari sepuluh rukun Islam.

BACA JUGA:   Sejarah Kegiatan Ibadah dalam Haji dan Umrah

Q2. Berapa bulan haji dilaksanakan?
A2. Haji dilaksanakan pada bulan Zulhijah.

Q3. Apa saja syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan kewajiban melaksanakan haji?
A3. Syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan kewajiban melaksanakan haji adalah syarat umur, syarat kesehatan, syarat keuangan, syarat perjalanan, dan syarat permohonan.

Q4. Bagaimana cara melakukan haji?
A4. Cara melakukan haji adalah dengan melakukan semua rukun haji yang telah ditentukan, seperti wukuf di ‘Arafah, menyembelih binatang, dan melakukan tawaf di Kaabah.

Q5. Siapa saja yang dibebankan kewajiban haji?
A5. Kewajiban melaksanakan haji adalah wajib bagi setiap muslim yang mampu.