Skip to content
Home » Siapa Saja yang Wajib Membayar Zakat Fitrah Brainly

Siapa Saja yang Wajib Membayar Zakat Fitrah Brainly

Jelang Hari Raya Idul Fitri, umat Islam di seluruh dunia akan mempersiapkan diri untuk membayar zakat fitrah. Zakat fitrah adalah zakat yang harus dibayarkan oleh setiap muslim yang mampu sebesar satu sha kurma atau bahan makanan pokok lainnya untuk setiap anggota keluarga. Namun, siapa saja yang wajib membayar zakat fitrah Brainly? Simak pembahasan di bawah ini:

1. Muslim yang Sudah Baligh

Muslim yang sudah baligh adalah orang yang telah mencapai usia dewasa dan diakui mampu memikirkan akibat perbuatannya. Dalam Islam, usia baligh bagi laki-laki adalah 15 tahun dan bagi perempuan adalah saat terjadi menstruasi pertama. Setiap muslim yang sudah baligh dan mampu membayar zakat fitrah, wajib membayar zakat ini.

2. Muslim yang Memiliki Kekayaan yang Mencukupi

Selain harus sudah baligh, muslim juga harus memiliki kekayaan yang mencukupi untuk membayar zakat fitrah. Dalam hal ini, kekayaan yang dimaksud adalah harta yang bernilai lebih dari kebutuhan pokok selama satu tahun. Jika seseorang memiliki kekayaan yang mencukupi, maka wajib membayar zakat fitrah sebesar satu sha kurma atau bahan makanan pokok lainnya untuk setiap anggota keluarga.

3. Muslim yang Memiliki Keluarga yang Dihidupi

Seseorang yang memiliki keluarga yang harus dihidupi juga wajib membayar zakat fitrah. Dalam hal ini, keluarga yang dimaksud adalah orang-orang yang hidup bersama dalam satu rumah tangga dan bergantung pada seseorang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Setiap anggota keluarga tersebut juga harus dikeluarkan zakat fitrahnya.

BACA JUGA:   Berapa Zakat Emas dan Perak

4. Muslim yang Telah Membayar Zakat Fitrah pada Tahun Sebelumnya

Muslim yang telah membayar zakat fitrah pada tahun sebelumnya, tetap harus membayar zakat fitrah di tahun berikutnya. Hal ini bertujuan untuk menebus dosa dan kesalahan yang mungkin terjadi selama setahun penuh.

Kesimpulan

Dalam Islam, membayar zakat fitrah adalah suatu kewajiban bagi setiap muslim yang sudah baligh, memiliki kekayaan yang mencukupi, memiliki keluarga yang dihidupi, dan telah membayar zakat fitrah pada tahun sebelumnya. Dengan membayar zakat fitrah, kita dapat membantu saudara-saudara muslim yang kurang mampu dan memperoleh pahala dari Allah SWT. Jangan lupa untuk membayar zakat fitrah sebelum Hari Raya Idul Fitri tiba. Selamat membayar zakat fitrah!