Skip to content
Home » Siapa yang Berhak Menerima Zakat Mal?

Siapa yang Berhak Menerima Zakat Mal?

Islam sebagai agama yang memiliki ajaran yang lengkap dan sempurna mengajarkan umatnya banyak hal, salah satunya adalah tentang zakat. Zakat adalah salah satu rukun Islam yang harus dipenuhi oleh setiap muslim. Dalam agama Islam, ada dua jenis zakat yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Zakat fitrah diberikan pada saat menjelang Idul Fitri, sedangkan zakat mal diberikan pada saat memasuki tahun baru Islam.

Zakat mal adalah zakat yang dikeluarkan dari harta kekayaan yang dimiliki seseorang. Hukum zakat mal adalah wajib apabila harta yang dimiliki telah mencapai nisab dan haul. Nisab adalah jumlah harta yang harus dimiliki untuk mewajibkan zakat, sedangkan haul adalah masa satu tahun penuh telah berlalu sejak harta mencapai nisab.

Lalu, siapa yang berhak menerima zakat mal?

Orang Miskin dan Terlantar

Orang miskin dan terlantar adalah golongan pertama yang berhak menerima zakat mal. Orang miskin adalah orang yang tidak memiliki harta sama sekali atau harta yang dimilikinya tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sedangkan, orang terlantar adalah orang yang tidak memiliki keluarga dan tidak memiliki pekerjaan tetap.

Fakir

Fakir adalah orang yang hidupnya sangat sederhana dan tidak memiliki harta yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Fakir juga biasanya tidak memiliki pekerjaan tetap dan hidupnya bergantung pada sedekah dan bantuan.

Amil

Amil adalah orang yang bertugas mengumpulkan dan mendistribusikan zakat mal. Orang-orang yang berhak menerima zakat dapat memberikan zakatnya kepada amil, kemudian amil wajib menyalurkan zakat tersebut kepada orang yang berhak menerimanya.

Mualaf

Mualaf adalah orang yang baru memeluk agama Islam dan membutuhkan bantuan untuk memulai kehidupan baru. Mereka termasuk golongan yang berhak menerima zakat.

BACA JUGA:   Berapa Gaji yang Sudah Berwajib Zakat

Budak

Meskipun budak sudah tidak ada lagi dalam masyarakat, namun orang yang terlibat dalam perdagangan manusia atau orang yang dipaksa bekerja tanpa upah di tempat kerja juga termasuk dalam golongan yang berhak menerima zakat.

Gharimin

Gharimin adalah orang yang memiliki utang dan kebutuhan hidupnya penting. Orang-orang yang memiliki utang dan tidak mampu membayarnya dapat diberikan zakat mal untuk membantu melunasi utangnya.

Fisabilillah

Fisabilillah adalah orang yang berjuang di jalan Allah. Orang yang berjuang di jalan Allah untuk membela umat Islam dan kepentingan agama termasuk dalam golongan yang berhak menerima zakat.

Dalam Islam, zakat mal sangat penting karena selain sebagai wujud ketaatan kepada Allah SWT, zakat mal juga memiliki nilai sosial yang sangat baik. Dengan membayar zakat, kita membantu meringankan beban hidup orang-orang yang membutuhkan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda memahami siapa saja yang berhak menerima zakat mal.