Skip to content
Home » Siapa yang Berhak Menerima Zakat Menurut Islam

Siapa yang Berhak Menerima Zakat Menurut Islam

Zakat adalah suatu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim yang mampu. Zakat sendiri memiliki banyak makna, di antaranya adalah berbagi rezeki dengan sesama serta membantu meringankan beban orang yang sedang dalam kesulitan.

Namun, tidak semua orang berhak menerima zakat. Dalam pandangan Islam, hanya ada beberapa kelompok yang berhak menerima zakat. Siapa saja yang berhak menerima zakat menurut Islam? Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Fakir Miskin

Fakir miskin adalah kelompok orang yang memiliki penghasilan yang sangat rendah bahkan tidak memiliki penghasilan sama sekali. Mereka tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya secara layak.

2. Mustahik

Mustahik adalah kelompok orang yang memiliki penghasilan rendah namun masih dapat memenuhi kebutuhan hidupnya, namun dengan keterbatasan dan kesulitan. Contohnya adalah orang yang memiliki banyak tanggungan keluarga dan harus memenuhi kebutuhan mereka.

3. Amil Zakat

Amil zakat adalah orang yang bertanggung jawab atas pengumpulan, penyaluran dan distribusi zakat. Seorang amil zakat dapat berupa individu atau kelompok yang dibentuk oleh pihak tertentu.

4. Muallaf

Muallaf adalah kelompok orang yang baru masuk Islam dan belum mampu memenuhi kebutuhan hidupnya. Zakat yang diberikan kepada muallaf bertujuan untuk membantu mereka memperkokoh keimanan dan memperkuat hubungan dengan sesama muslim.

5. Riqab

Riqab adalah kelompok orang yang terjebak dalam perbudakan atau dalam pengaturan hutang yang tidak seimbang. Memberikan zakat kepada riqab bertujuan untuk membebaskan mereka dari perbudakan dan hutang.

6. Gharim

Gharim adalah kelompok orang yang memiliki utang yang sangat besar sehingga tidak mampu membayarnya dengan sendirian. Zakat yang diberikan kepada gharim bertujuan untuk membebaskan mereka dari utang dan memberikan kesempatan untuk memulai kehidupan baru.

BACA JUGA:   Bagaimana Perkembangan Islam Terhadap Zakat dan Pajak

7. Fisabilillah

Fisabilillah adalah kelompok orang yang berjuang dalam jalan Allah seperti yang dilakukan oleh para mujahidin. Memberikan zakat kepada fisabilillah bertujuan untuk membantu mereka memperjuangkan agama dan keadilan.

8. Ibnus Sabil

Ibnus sabil adalah kelompok orang yang sedang dalam perjalanan atau sedang melakukan perjalanan jauh di luar kota tempat mereka tinggal. Memberikan zakat kepada ibnus sabil bertujuan untuk membantu mereka dalam mencukupi kebutuhan selama perjalanan.

Demikianlah beberapa kelompok yang berhak menerima zakat menurut Islam. Semua kelompok tersebut selain fakir miskin dan mustahik, harus memiliki persyaratan tertentu untuk dapat menerima zakat. Jika anda ingin membayar zakat, pastikan untuk mengetahui kelompok mana yang memiliki kebutuhan lebih, sehingga anda dapat memberikan bantuan yang tepat dan efektif.