Skip to content
Home » Siapa yang Berhak Menerima Zakat

Siapa yang Berhak Menerima Zakat

Zakat adalah salah satu rukun Islam yang penting untuk dilaksanakan. Setiap muslim yang memenuhi syarat diwajibkan untuk membayar zakat. Namun, banyak orang yang masih bingung tentang siapa yang berhak menerima zakat.

Definisi Zakat

Zakat adalah sebagian dari harta yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim yang memenuhi syarat. Tujuan dari zakat adalah untuk menghapuskan kesenjangan sosial dan ekonomi di antara sesama muslim.

Siapa yang Berhak Menerima Zakat?

Ada beberapa golongan yang berhak menerima zakat. Berikut adalah golongan-golongan yang berhak menerima zakat:

  1. Fakir Miskin

Golongan fakir miskin adalah orang yang tidak mempunyai penghasilan tetap dan tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Mereka berhak menerima zakat untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

  1. Mualaf

Mualaf adalah orang yang baru masuk Islam atau orang yang memeluk Islam setelah keluar dari agama lain. Mualaf tersebut dapat diberikan zakat untuk membantunya beradaptasi dengan kehidupan keagamaan yang baru.

  1. Amil

Amil adalah orang yang memungut, mengumpulkan, dan mendistribusikan zakat. Mereka berhak menerima zakat sebagai upah atau gaji atas tugas yang mereka lakukan.

  1. Hamba Sahaya

Hamba sahaya adalah orang yang berhutang atau dikejar hutang. Mereka berhak menerima zakat untuk membayar hutang atau membebaskan diri dari perbudakan.

  1. Fisabilillah

Fisabilillah adalah orang-orang yang berjuang di jalan Allah, seperti pejuang kemerdekaan, penyebar dakwah, atau pengajar agama. Mereka berhak menerima zakat untuk membiayai kegiatan mereka.

  1. Ibnus Sabil

Ibnus sabil adalah orang yang melakukan perjalanan jauh dan tidak memiliki harta yang cukup untuk melanjutkan perjalanannya. Orang ini dapat diberikan zakat agar dapat melanjutkan perjalanannya.

Kesimpulan

Dalam Islam, zakat merupakan sebuah kewajiban bagi setiap muslim yang memenuhi syarat. Zakat juga merupakan sebuah bentuk kepedulian sosial dan kebersamaan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami siapa yang berhak menerima zakat agar zakat yang kita keluarkan tepat sasaran dan dapat membawa manfaat bagi yang membutuhkan.

BACA JUGA:   Berapa Kg Beras Zakat Fitrah yang Harus Dikeluarkan?