Skip to content
Home » Siapa Yang Berkewajiban Membayar Zakat Fitrah

Siapa Yang Berkewajiban Membayar Zakat Fitrah

Zakat Fitrah menjadi salah satu kewajiban bagi umat Islam yang harus dipenuhi setiap tahunnya. Zakat Fitrah juga dikenal sebagai zakat yang wajib dikeluarkan sebagai tanda kesyukuran umat Islam atas nikmat yang diberikan Allah SWT. Kendati demikian, masih banyak umat Islam yang belum mengetahui siapa yang berkewajiban membayar zakat Fitrah. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas secara rinci tentang siapa yang berkewajiban untuk membayar zakat Fitrah.

Definisi Zakat Fitrah

Sebelum membicarakan tentang siapa yang berkewajiban membayar zakat Fitrah, mari kita terlebih dahulu memahami pengertian zakat Fitrah. Zakat Fitrah adalah zakat yang harus dibayarkan oleh setiap orang muslim sebelum hari raya Idul Fitri tiba. Zakat Fitrah biasanya diberikan dalam bentuk makanan pokok, seperti beras, tepung, atau sereal dengan jumlah tertentu. Zakat Fitrah ini dipergunakan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan agar bisa merayakan Idul Fitri dengan lebih layak dan bahagia.

Siapa yang Berkewajiban Membayar Zakat Fitrah

Setelah memahami definisi zakat Fitrah, maka sekarang kita akan membahas tentang siapa yang berkewajiban membayar zakat Fitrah. Kewajiban untuk membayar zakat Fitrah sepenuhnya ditanggung oleh orang-orang yang telah memenuhi syarat sebagai berikut:

  1. Muqim, yaitu orang yang telah menetap di satu tempat selama lebih dari setahun dan memiliki penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar hidupnya.
  2. Merdeka, yaitu orang yang bebas dari segala bentuk perbudakan, termasuk perbudakan modern seperti kebebasan hutang dalam bentuk apapun.
  3. Muslim, yaitu orang yang telah memeluk agama Islam.
  4. Mampu, yaitu orang yang memiliki penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan keluarganya pada tingkat minimum.
BACA JUGA:   Cara Menentukan Orang Yang Berhak Dapat Zakat Mal

Jika seseorang memenuhi keempat syarat di atas, maka dia wajib membayar zakat Fitrah. Selain itu, orang yang berkewajiban membayar zakat Fitrah juga harus membayar zakat atas nama diri sendiri dan atas nama anggota keluarganya yang telah memenuhi syarat di atas. Misalnya, seorang ayah berkewajiban membayar zakat Fitrah atas nama dirinya sendiri dan atas nama anak-anaknya yang memenuhi syarat di atas.

Besaran Zakat Fitrah

Besaran zakat Fitrah pada umumnya ditentukan berdasarkan jenis makanan pokok yang diberikan. Di Indonesia, zakat Fitrah biasanya diberikan dalam bentuk beras dengan jumlah sekurang-kurangnya 2,5 kilogram per orang. Namun, jika ingin memberi zakat dalam bentuk uang, maka besaran zakat Fitrah yang ditetapkan adalah sebesar Rp 25.000 per orang.

Kesimpulan

Dalam Islam, membayar zakat merupakan salah satu bentuk ibadah dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap orang muslim yang memenuhi syarat tertentu. Siapa yang berkewajiban membayar zakat Fitrah adalah mereka yang telah memenuhi syarat sebagai muqim, merdeka, muslim, dan mampu. Besaran zakat Fitrah ditentukan berdasarkan jenis makanan pokok yang diberikan atau bisa juga dengan memberikan uang sebesar Rp 25.000 per orang. Bagi yang berkewajiban membayar zakat Fitrah, sebaiknya membayar zakat tersebut sebelum hari raya Idul Fitri tiba dan menyerahkannya pada yang berhak menerima. Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih jelas tentang siapa yang berkewajiban membayar zakat Fitrah sehingga umat Islam dapat memenuhi kewajiban mereka dengan baik.