Skip to content
Home » Syarat Daftar Haji 2020

Syarat Daftar Haji 2020

Haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap umat Muslim yang sudah mampu. Setiap tahunnya, jutaan umat Muslim dari seluruh dunia berbondong-bondong untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekah. Di Indonesia sendiri, Kementerian Agama tentunya telah menyiapkan segala keperluan dan persyaratan yang diperlukan bagi mereka yang ingin mendaftar haji tahun 2020. Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon jamaah haji.

Persyaratan Umum

Setiap calon jamaah haji harus memenuhi persyaratan umum sebelum dapat mendaftar haji. Beberapa persyaratan tersebut antara lain:

1. Muslim

Seperti yang sudah diketahui, haji adalah rukun Islam dan menjadi kewajiban bagi setiap Muslim yang sudah mampu. Oleh karena itu, untuk dapat mendaftar haji, calon jamaah harus beragama Islam.

2. Sehat Jasmani dan Rohani

Menunaikan ibadah haji membutuhkan fisik dan mental yang sehat. Oleh karena itu, calon jamaah harus memastikan dirinya dalam keadaan yang sehat jasmani dan rohani. Hal ini dapat dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter dan ustadz.

3. Mampu Secara Ekonomi

Mampu secara ekonomi adalah syarat yang sangat penting dalam mendaftar haji. Calon jamaah harus memastikan dirinya memiliki cukup dana untuk membiayai perjalanan dan penginapan selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci.

4. Memiliki Surat Izin Kerja

Bagi calon jamaah haji yang bekerja, mereka harus memiliki surat izin kerja dari pimpinan tempat kerja untuk dapat melaksanakan ibadah haji.

BACA JUGA:   Arti Tawaf dalam Ibadah Haji

5. Tidak Memiliki Masalah Hukum

Calon jamaah haji tidak boleh memiliki masalah hukum, seperti sedang terjadi persidangan atau dililit hutang piutang yang belum diselesaikan.

Persyaratan Administratif

Setelah memenuhi persyaratan umum, calon jamaah haji juga harus memenuhi persyaratan administratif sebagai berikut:

1. Memiliki e-Paspor yang Masih Berlaku

Calon jamaah haji harus memiliki e-Paspor yang masih berlaku sebagai tanda bahwa mereka memang warga negara Indonesia.

2. Mendaftar pada Kantor Cabang Pembantu BPIH

Calon jamaah haji harus mendaftar pada Kantor Cabang Pembantu BPIH yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama.

3. Menyerahkan Berkas Persyaratan

Calon jamaah haji juga harus menyerahkan berkas persyaratan yang lengkap, seperti fotokopi KTP, KK, akta lahir, surat nikah, dan bukti pembayaran setoran awal.

4. Membayar Biaya Perjalanan

Setelah berkas persyaratan dinyatakan lengkap, calon jamaah harus membayar biaya perjalanan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama.

Strategi Digital Marketing

Untuk mempromosikan persyaratan dan kebutuhan daftar haji tahun 2020, membangun digital marketing menjadi penting. Salah satu cara untuk menunjang strategi digital marketing adalah melalui SEO (Search Engine Optimization). SEO adalah teknik yang digunakan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas trafik pengunjung ke sebuah website melalui mesin pencarian, seperti Google. Dengan meningkatkan optimasi website, maka website akan lebih mudah terlihat oleh orang-orang yang mencari informasi tentang daftar haji tahun 2020.

Kesimpulan

Mendaftar haji memang memerlukan persiapan, baik dari segi fisik maupun finansial. Di Indonesia, Kementerian Agama telah menyiapkan segala kebutuhan dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon jamaah haji agar dapat menunaikan ibadah haji dengan aman dan nyaman. Selain itu, penggunaan SEO dalam strategi digital marketing bisa membantu memperluas pengakuan persyaratan daftar haji tahun 2020 lewat penggunaan bahasa Indonesia di mesin pencari dan media digital. Semoga informasi di atas bermanfaat dan memudahkan kamu dalam menunaikan ibadah haji tahun ini.

BACA JUGA:   Siapa Yang Berhak Menjadi Badal Haji? Temukan Jawabannya Disini!