Skip to content
Home » Syarat Daftar Haji ke Bank Mandiri

Syarat Daftar Haji ke Bank Mandiri

Apabila Anda ingin melakukan ibadah haji ke Tanah Suci, maka bank Mandiri merupakan salah satu pilihan Anda dalam melakukan pendaftaran. Tidak hanya mudah dan cepat, Anda juga mendapatkan kemudahan dalam proses pembayaran karena bank Mandiri telah menjalin kerja sama dengan Kementerian Agama.

Namun, sebelum melakukan pendaftaran haji ke bank Mandiri, Anda harus memenuhi beberapa syarat yang telah ditentukan sebagai berikut:

Syarat Umum

  1. Warga Negara Indonesia
    Sebagai calon Jamaah Haji, Anda harus merupakan warga negara Indonesia dan bersedia melakukan ibadah di Tanah Suci Mekah dan Madinah.

  2. Berusia di atas 18 tahun
    Calon Jamaah Haji harus memiliki usia minimal 18 tahun saat pendaftaran serta sehat jasmani dan rohani.

  3. Belum pernah melaksanakan ibadah haji
    Dalam rangka memberikan kesempatan bagi masyarakat Indonesia yang belum pernah melaksanakan ibadah haji, syarat daftar haji ke bank Mandiri mengharuskan calon Jamaah Haji belum pernah melaksanakan ibadah yang sama sebelumnya.

  4. Mengisi formulir permohonan
    Calon Jamaah Haji harus mengisi dan menyerahkan formulir permohonan ke Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat dengan melampirkan persyaratan yang diminta.

Persyaratan Dokumen

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
    Calon Jamaah Haji wajib memiliki KTP yang masih berlaku saat pendaftaran.

  2. Paspor
    Paspor calon Jamaah Haji harus memiliki masa berlaku minimal 6 bulan dari jadwal keberangkatan serta memiliki visa untuk masuk ke Arab Saudi.

  3. Kartu Keluarga (KK)
    Calon Jamaah Haji harus mengajukan fotokopi kartu keluarga sebagai bukti terdaftar sebagai warga negara Indonesia.

  4. Surat Nikah (Bagi yang Sudah Menikah)
    Bagi calon Jamaah Haji yang telah menikah, wajib menyertakan surat nikah sebagai persyaratan.

  5. Surat Keterangan Sehat
    Calon Jamaah Haji harus memiliki surat keterangan sehat dari dokter yang menerangkan bahwa calon Jamaah Haji bebas dari penyakit menular dan memenuhi syarat kesehatan yang ditentukan.

BACA JUGA:   Mendahulukan Umrah dari Ibadah Haji

Prosedur Pendaftaran

Setelah memenuhi semua syarat dan persyaratan dokumen yang diminta, calon Jamaah Haji dapat mengikuti prosedur pendaftaran ke bank Mandiri sebagai berikut:

  1. Mengunjungi Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat
    Calon Jamaah Haji dapat mengunjungi Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat untuk mendaftar dan mengisi formulir permohonan.

  2. Mengajukan persyaratan dokumen
    Calon Jamaah Haji harus mengajukan persyaratan dokumen yang diminta sesuai dengan syarat yang telah ditentukan.

  3. Membayar biaya pendaftaran
    Calon Jamaah Haji harus membayar biaya pendaftaran ke bank Mandiri sesuai dengan tarif yang telah ditetapkan.

  4. Menunggu proses pendaftaran selesai
    Setelah proses pendaftaran selesai, calon Jamaah Haji akan mendapatkan nomor porsi dan informasi mengenai jadwal keberangkatan.

Kesimpulan

Melakukan ibadah haji merupakan impian banyak orang. Untuk mewujudkannya, salah satu syarat daftar haji ke bank Mandiri harus dipenuhi dengan benar dan sesuai persyaratan. Dengan melakukan proses pendaftaran ke bank Mandiri, Anda akan memperoleh kemudahan dan efisiensi dalam setiap tahapan pendaftaran haji Anda. Lakukan pendaftaran segera dan nikmatilah ibadah haji Anda!