Skip to content
Home » Syarat Daftar Haji Sleman

Syarat Daftar Haji Sleman

Haji adalah salah satu ibadah wajib bagi umat Muslim yang sudah mampu. Bagi yang ingin menunaikan ibadah haji, pastinya harus memenuhi beberapa syarat yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Salah satu syaratnya adalah harus mendaftar terlebih dahulu ke kantor Kementerian Agama. Bagi warga Sleman, syarat daftar haji Sleman harus dipatuhi. Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar haji Sleman.

Kartu Tanda Penduduk (KTP)

KTP adalah salah satu syarat pokok untuk mendaftar haji Sleman. Pastikan KTP yang dimiliki masih berlaku dan belum expired. Selain itu, sebaiknya KTP yang digunakan adalah KTP asli, bukan fotokopi.

Paspor

Paspor adalah dokumen penting yang harus dimiliki untuk perjalanan manapun ke luar negeri, termasuk untuk berangkat menunaikan ibadah haji. Pastinya, paspor yang dimiliki harus masih berlaku dan memiliki masa berlaku yang cukup panjang untuk menunaikan ibadah haji.

Bukti Pembayaran

Untuk mendaftar haji, pastinya dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, harus menyertakan bukti pembayaran yang sah, baik itu bukti pembayaran DP maupun biaya penuh.

Sertifikat Vaksin

Sebelum berangkat ke Tanah Suci, setiap calon jamaah haji harus melakukan vaksinasi tertentu sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Oleh karena itu, sebaiknya mempersiapkan sertifikat vaksinasi agar lebih mudah dan cepat dalam proses pendaftaran.

Foto Copy Akta Nikah

Jika ingin mendaftar haji bersama suami atau istri, sebaiknya menyiapkan fotokopi akta nikah sebagai salah satu persyaratan pendaftaran. Pastikan fotokopi akta nikah yang digunakan adalah yang asli, bukan yang dicopy biasa.

BACA JUGA:   Daftar Nama Calon Haji Plus 2017: Persiapkan Perjalanan Ibadahmu dengan Baik

Surat Menikah dari Pengadilan

Bagi pasangan suami istri yang belum mempunyai sertifikat nikah yang sah, sebaiknya menyiapkan surat pernikahan dari pengadilan sebagai salah satu syarat pendaftaran haji. Pastikan juga surat menikah yang dimiliki adalah yang asli, bukan hasil fotocopy biasa.

Surat Keterangan Sehat

Sebelum berangkat menunaikan ibadahan haji, setiap calon jamaah harus memperoleh surat keterangan sehat yang menunjukkan bahwa tubuhnya memang sehat dan kuat untuk menempuh perjalanan yang cukup jauh dan melelahkan. Sebaiknya melakukan pemeriksaan kesehatan sebelumnya dan mengambil surat keterangan sehat dari rumah sakit atau klinik terdekat.

Surat Pernyataan

Calon jamaah haji harus menandatangani surat pernyataan yang menyatakan bahwa dirinya mengisi biodata secara benar dan bertanggung jawab atas data yang dimasukkan. Selain itu, juga menjamin bahwa persyaratan yang dipenuhi adalah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikianlah beberapa syarat daftar haji Sleman yang harus dipenuhi. Jangan lupa bahwa masa pendaftaran haji selalu ditutup sebelum musim haji dimulai, oleh karena itu pastikan mempersiapkan semua persyaratan dengan matang dan tepat waktu. Semoga ibadah haji yang dilakukan nantinya bisa menjadi ibadah yang sah dan berkat.