Skip to content
Home » Tabungan Haji BRI: Yuk Ketahui Berapa Nilainya Dan Bagaimana Cara Mengajukannya

Tabungan Haji BRI: Yuk Ketahui Berapa Nilainya Dan Bagaimana Cara Mengajukannya

Tabungan haji BRI berapa?

Tabungan Haji BRI: Mendaftar Haji Reguler

Rencana untuk berangkat haji telah menjadi salah satu impian bagi hampir semua orang. Namun, sebelum Anda dapat memulai perencanaan haji, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah memiliki tabungan haji di bank.

Berbagai bank di Indonesia menawarkan berbagai jenis tabungan haji untuk membantu Anda menyelesaikan persyaratan. Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan salah satu bank yang terkenal dengan layanannya di bidang tabungan haji. Dengan program Tabungan Haji BRI, Anda dapat memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Kementerian Agama untuk mendaftar haji reguler.

Berapa Tabungan Haji yang Dibutuhkan?

Nah, salah satu syarat mendaftar haji reguler adalah setoran awal Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) ke rekening Kementerian Agama sebesar Rp 25 juta. Dengan demikian, bila Anda ingin mendaftar haji, minimal jumlah tabungan haji yang tersedia di bank adalah sebesar Rp 25 juta.

Setelah Anda memiliki jumlah tabungan haji yang diperlukan di akun BRI, Anda dapat mendaftar haji reguler di kantor cabang terdekat. Di samping jumlah tabungan haji, Anda juga akan diminta untuk menyediakan dokumen lain yang dibutuhkan untuk memvalidasi aplikasi Anda. Beberapa dokumen yang biasanya diminta antara lain:

  • Fotokopi Kartu Perlindungan Sosial (KPS)
  • Fotokopi KTP
  • Surat Keterangan Sehat dari dokter
  • Fotokopi slip gaji

Ketika aplikasi Anda telah lengkap dan divalidasi, Anda akan menerima surat konfirmasi dari Kementerian Agama. Surat tersebut menyatakan bahwa Anda telah berhasil mendaftar haji reguler.

BACA JUGA:   Panduan Lengkap Pakaian Mendaftar Haji

Tabungan Haji BRI: Prosedur dan Biaya yang Terkait

BRI memiliki beberapa program tabungan haji yang dapat Anda gunakan. Program-program ini memiliki persyaratan dan biaya yang berbeda-beda. Biaya yang dikenakan untuk membuka rekening tabungan haji, misalnya, adalah sekitar Rp150.000. Ini termasuk biaya administrasi, biaya untuk mengisi formulir, dan biaya lainnya yang berlaku di bank.

Ketika Anda telah membuka rekening tabungan haji BRI, Anda dapat menyetorkan dana ke dalam rekening dengan berbagai macam cara. Anda dapat menggunakan mesin ATM atau transfer melalui internet banking untuk mentransfer dana. Anda juga dapat melakukan transfer melalui teller bank atau melalui penyetoran tunai di kantor cabang BRI.

Tabungan Haji BRI: Manfaat dan Peraturan Terkait

Selain memenuhi persyaratan haji reguler, tabungan haji BRI juga memiliki berbagai manfaat lain bagi Anda. Program tabungan haji ini memberikan Anda imbalan berupa bunga yang dibayarkan setiap tahun. Bunga yang dibayarkan berbeda-beda di setiap program tabungan haji, tapi rata-rata adalah sekitar 0,5% per tahun.

Selain itu, program tabungan haji BRI juga memiliki aturan-aturan yang harus Anda patuhi. Salah satu aturan yang paling penting adalah bahwa Anda tidak dapat menarik jumlah tabungan haji secara keseluruhan. Anda hanya dapat menarik 50% dari jumlah tabungan haji setiap tahun.

Penutup

Nah, itulah informasi yang Anda butuhkan tentang tabungan haji BRI. Dengan memiliki tabungan haji BRI, Anda dapat memenuhi persyaratan haji reguler dan mendapatkan manfaat lainnya. Jadi, jika Anda berencana untuk berangkat haji, pastikan Anda membuka rekening tabungan haji BRI terlebih dahulu.