Skip to content
Home » Tahu Kapan Waktu Yang Tepat Melakukan Ibadah Haji

Tahu Kapan Waktu Yang Tepat Melakukan Ibadah Haji

Kapan waktu haji itu?

Kapan Waktu Haji Itu?

Haji adalah salah satu rukun Islam yang penting. Ia merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap orang yang mampu secara finansial dan fisik. Namun, banyak orang yang bertanya-tanya, kapan waktu haji itu?

Lebih spesifiknya, jelas an-Nawawi, waktu untuk ihram dimulai sejak bulan Syawal, Dzulqa’dah, dan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah (berakhir ketika sudah muncul fajar pagi Idul Adha) (An-Nawawi, Al-Majmu’ Syarah al-Muhadzdzab, 2011: juz 8, h. 168).

Ketika berbicara tentang waktu haji, ada empat tahapan yang perlu dipertimbangkan.

Tahap Pertama: Ihram

Ihram adalah suatu proses yang harus dilalui oleh orang yang akan melakukan ibadah haji. Ini adalah proses yang berlangsung selama 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Pada tahap ini, orang harus melakukan tawaf di Masjidil Haram dan melakukan shalat di sana.

Tahap Kedua: Wukuf

Wukuf adalah tahap kedua dari ibadah haji. Pada tahap ini, orang harus melakukan shalat di Arafah dan bermalam di sana.

Tahap Ketiga: Thawaf Wada’

Thawaf Wada’ adalah tahap ketiga dari ibadah haji. Pada tahap ini, orang harus melakukan thawaf di Masjidil Haram dan bermalam di sana.

Tahap Keempat: Mabit Haji

Mabit Haji adalah tahap keempat dari ibadah haji. Pada tahap ini, orang harus bermalam di Mina dan melakukan Thawaf Ifadah.

Waktu Haji untuk Tahun 2021

Berdasarkan kalender haji tahun 2021, waktu haji dimulai tanggal 26 Dzulqa’dah 1442 Hijriyah dan berakhir tanggal 30 Dzulhijjah 1442 Hijriyah.

BACA JUGA:   Daftar Keberangkatan Haji Rejang Lebong

Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Berhaji?

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum berhaji.

  • Persiapkan mental dan spiritual: sebelum berhaji, orang harus mempersiapkan mental dan spiritualnya dengan berdoa dan membaca Al Quran. Hal ini penting agar orang bisa menikmati ibadah haji dengan ikhlas.
  • Buat daftar pengeluaran: sebelum berhaji, orang harus membuat daftar pengeluaran untuk menghitung biaya haji. Hal ini penting agar orang bisa mengatur pengeluaran dengan baik.
  • Pilih paket haji yang tepat: sebelum berhaji, orang harus memilih paket haji yang tepat sesuai dengan kemampuan finansialnya. Hal ini penting agar orang tidak kewalahan dalam mengeluarkan biaya haji.
  • Cari informasi seputar haji: sebelum berhaji, orang harus mencari informasi seputar haji dengan baik. Hal ini penting agar orang bisa memahami proses haji dengan lebih baik.
  • Rencana perjalanan: sebelum berhaji, orang harus membuat rencana perjalanan dengan baik. Hal ini penting agar orang bisa mencapai tujuan mereka dengan baik.

Kesimpulan

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa kapan waktu haji itu adalah sejak bulan Syawal, Dzulqa’dah, dan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Untuk tahun 2021, waktu haji dimulai tanggal 26 Dzulqa’dah 1442 Hijriyah dan berakhir tanggal 30 Dzulhijjah 1442 Hijriyah. Sebelum berhaji, orang harus mempersiapkan mental dan spiritualnya, membuat daftar pengeluaran, memilih paket haji yang tepat, mencari informasi seputar haji, dan membuat rencana perjalanan. Dengan melakukan hal-hal tersebut, orang bisa mempersiapkan diri dengan baik untuk menjalani ibadah haji.