Skip to content
Home » Tanggal Pelaksanaan Ibadah Haji

Tanggal Pelaksanaan Ibadah Haji

Ibadah haji adalah salah satu ibadah yang diwajibkan bagi umat muslim yang sanggup untuk melakukannya. Ibadah haji dilaksanakan di Mekah, Arab Saudi pada bulan Dzulhijjah. Bagi umat muslim yang merencanakan untuk melaksanakan ibadah haji, penting untuk mengetahui jadwal atau tanggal pelaksanaan agar bisa melakukan persiapan yang matang.

Tanggal Pelaksanaan Ibadah Haji 2021

Tahun ini, pelaksanaan ibadah haji 2021 akan dimulai pada tanggal 19 Juli 2021 dan akan berakhir pada tanggal 23 Juli 2021. Pada tanggal 19 Juli 2021, para jamaah haji akan berkumpul di Mina dan akan melaksanakan ibadah wukuf di Arafah pada tanggal 20 Juli 2021. Selanjutnya, pada tanggal 21 Juli 2021, para jamaah haji akan kembali ke kota suci Mekah untuk melakukan thawaf di Ka’bah dan sa’i di antara bukit Safa dan Marwah. Setelah itu, para jamaah haji akan melaksanakan tasyrik pada tanggal 22-23 Juli 2021 di Mina, menjalankan ritual melempar jumrah dan berdoa.

Persiapan Penting Sebelum Melakukan Ibadah Haji

Sebelum melaksanakan ibadah haji, para jamaah haji harus mempersiapkan diri secara matang. Beberapa persiapan yang perlu dilakukan adalah:

1. Menjaga Kesehatan

Ibadah haji membutuhkan fisik yang sehat karena akan menguras energi yang besar. Untuk itu, sebaiknya menjaga kesehatan dengan cara makan makanan sehat dan bergizi serta rutin melakukan olahraga agar kondisi tubuh tetap prima selama pelaksanaan ibadah.

2. Menyiapkan Surat-Surat Penting

Sebelum berangkat, pastikan untuk membawa surat-surat penting seperti paspor, visa, tiket pesawat, dan sertifikat kesehatan. Jangan lupa untuk membackup dokumen-dokumen tersebut, seperti memindainya dan menyimpannya di email atau cloud agar jika terjadi kehilangan, proses pengurusan dokumen bisa lebih mudah dilakukan.

BACA JUGA:   Mengetahui Syarat-Syarat Wajib Bagi Seorang Muslim Untuk Menjadi Haji

3. Mempelajari Tata Cara Ibadah

Sebelum berangkat, penting bagi jamaah haji untuk mempelajari tata cara ibadah haji secara benar dan tepat. Hal ini bisa dilakukan dengan belajar melalui buku-buku, video tutorial, atau praktik langsung dengan panduan yang ahli di bidangnya.

4. Membawa Peralatan yang Dibutuhkan

Pastikan untuk membawa peralatan yang dibutuhkan selama pelaksanaan ibadah haji, seperti pakaian ihram, sandal, koper, tas, dan lain-lain. Peralatan tersebut harus sesuai standar dan ketentuan haji yang telah ditetapkan.

Kesimpulan

Pelaksanaan ibadah haji harus dilakukan dengan persiapan yang matang dan teliti. Dengan mengetahui tanggal pelaksanaan ibadah haji tahun ini, para jamaah haji bisa membuat perencanaan yang lebih baik dan efektif. Selain itu, menjaga kesehatan, mempersiapkan surat-surat penting, mempelajari tata cara ibadah, dan membawa peralatan yang dibutuhkan juga sangat penting untuk menunjang keberhasilan pelaksanaan ibadah haji. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para jamaah haji yang akan melaksanakan ibadah haji tahun ini.