Skip to content
Home » Tata Cara Mendaftar Haji Reguler

Tata Cara Mendaftar Haji Reguler

Haji reguler adalah gereja dari agama Islam yang dilakukan setiap tahun oleh jutaan muslim dari seluruh dunia. Mereka datang ke Mekah, Arab Saudi, dan melakukan serangkaian ritual sebagai bentuk ibadah. Namun, sebelum dapat melakukan haji reguler, para jamaah harus terlebih dahulu mendaftar dan menempuh beberapa tahapan. Nah, berikut adalah tata cara mendaftar haji reguler untuk umat muslim di Indonesia.

Persiapan Sebelum Mendaftar

Sebelum mendaftar, pastikan bahwa Anda memenuhi persyaratan sebagai calon jamaah haji reguler. Persyaratan tersebut antara lain:

  • Beragama Islam
  • Warga negara Indonesia dan memiliki KTP elektronik
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Usia minimal 18 tahun dan maksimal 70 tahun
  • Belum pernah menunaikan haji atau sudah menunaikan haji namun tidak dalam kurun waktu lima tahun terakhir

Pastikan juga bahwa Anda memiliki biaya yang mencukupi untuk menunaikan ibadah haji.

Proses Pendaftaran

  1. Melakukan pendaftaran secara online melalui situs resmi Kementerian Agama atau melalui aplikasi SISKOHAT. Pendaftaran biasanya dibuka setiap awal tahun dan ditutup beberapa bulan kemudian. Pastikan Anda memantau informasi terkait jadwal penerimaan pendaftaran.
  2. Melengkapi formulir pendaftaran dan mengunggah dokumen yang diperlukan. Dokumen yang biasanya diminta antara lain:
    • KTP elektronik
    • Paspor yang masih berlaku minimal 7 bulan sebelum keberangkatan
    • Surat keterangan sehat dari dokter
    • Bukti bayar uang muka
  3. Menunggu pengumuman dari Kementerian Agama mengenai kelulusan pendaftaran Anda. Jika Anda lolos seleksi, Anda akan mendapatkan Nomor Porsi Haji (NPH) yang merupakan bukti bahwa Anda terdaftar sebagai calon jamaah haji.
  4. Setelah mendapatkan NPH, Anda harus menyelesaikan seluruh administrasi sebelum keberangkatan. Hal ini meliputi pembayaran biaya haji dan pemberkasan dokumen.
BACA JUGA:   Tujuan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Kesimpulan

Haji reguler adalah impian bagi banyak muslim di seluruh dunia. Namun, untuk dapat menunaikan ibadah tersebut, Anda harus menempuh beberapa tahapan, salah satunya adalah mendaftar sebagai calon jamaah haji. Pastikan Anda memantau jadwal pendaftaran dan melengkapi semua persyaratan yang diminta agar dapat lolos seleksi dan menunaikan haji reguler dengan lancar.