Skip to content
Home » Tata Cara Pelaksanaan Ibadah Haji

Tata Cara Pelaksanaan Ibadah Haji

Haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dijalankan oleh setiap muslim yang mampu secara finansial dan fisik. Sebagai salah satu rukun Islam yang sangat penting, pelaksanaan ibadah haji harus dilakukan dengan benar dan tepat agar ibadah tersebut diterima oleh Allah SWT. Berikut adalah tata cara pelaksanaan ibadah haji yang harus dilakukan oleh setiap muslim yang ingin menunaikan ibadah haji:

Persiapan Sebelum Berangkat

Sebelum berangkat ke tanah suci, muslim yang akan menunaikan ibadah haji harus mempersiapkan beberapa hal, antara lain:

1. Persiapan Fisik dan Kesehatan

Mempersiapkan kondisi fisik dan kesehatan merupakan hal yang sangat penting dalam melaksanakan ibadah haji. Muslim yang akan menunaikan ibadah haji harus menjaga kesehatan fisik dan mentalnya dengan baik sebelum berangkat. Mereka harus menjaga pola makan dan tidur yang sehat, juga perlu melakukan olahraga ringan untuk menjaga kebugaran tubuh.

2. Persiapan Keuangan

Sebelum berangkat ke tanah suci, muslim yang akan menunaikan ibadah haji harus mempersiapkan dana yang cukup untuk biaya perjalanan, penginapan, dan kebutuhan lainnya. Mereka juga perlu mempersiapkan uang tunai yang cukup untuk keperluan selama di sana.

3. Persiapan Perlengkapan

Muslim yang akan menunaikan ibadah haji harus mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk menunaikan ibadah tersebut, seperti baju ihram, sandal khusus, serta perlengkapan lainnya. Mereka juga perlu mempersiapkan obat-obatan dan vitamin untuk kesehatannya.

BACA JUGA:   Daftar Haji Reguler 1440 H 2019 M Sumatera Selatan

Pelaksanaan Ibadah Haji

Setelah mempersiapkan segala sesuatunya, muslim dapat langsung berangkat menuju tanah suci untuk menunaikan ibadah haji. Berikut adalah tata cara pelaksanaan ibadah haji yang harus dilakukan oleh setiap muslim:

1. Ihram

Setelah tiba di tanah suci, muslim perlu memakai baju ihram dan menyatakan niat untuk menunaikan ibadah haji. Niat ini harus diucapkan dengan lisan setelah mandi dan memakai baju ihram.

2. Tawaf

Setelah memakai baju ihram, muslim harus melaksanakan tawaf di Ka’bah sebanyak 7 kali mengelilingi Ka’bah dengan arah searah jarum jam. Setelah tawaf, muslim harus melaksanakan shalat sunnah.

3. Sa’i

Setelah shalat sunnah, muslim perlu melaksanakan sa’i, yaitu berlari-lari kecil sebanyak 7 kali di antara bukit Safa dan Marwah. Setelah selesai melakukan sa’i, muslim perlu berjalan kaki menuju Mina.

4. Arafah

Pada tanggal 9 Dzulhijjah, muslim perlu pergi ke Arafah dan melaksanakan wukuf, yaitu berdiri di Bukit Arafah dari matahari terbit sampai matahari terbenam.

5. Muzdalifah

Setelah wukuf di Arafah, muslim perlu menuju Muzdalifah untuk melakukan shalat Maghrib dan Isya. Setelah itu, muslim perlu mengambil batu untuk melontarkan jumrah, kemudian bermalam di sana.

6. Mina

Pada tanggal 10 Dzulhijjah, muslim perlu pergi ke Mina untuk melakukan pelontaran jumrah sebanyak 7 kali. Setelah melakukan pelontaran jumrah, muslim perlu berbuka puasa dengan memakan daging hewan kurban.

7. Tawaf Ifadhah

Setelah berbuka puasa, muslim perlu kembali ke Ka’bah untuk melakukan tawaf Ifadhah, yaitu mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali.

8. Mabit di Mina

Muslim perlu bermalam di Mina selama 2 atau 3 hari untuk melaksanakan pelontaran jumrah pada hari ke-11 dan ke-12 serta menyembelih hewan kurban.

9. Tawaf Wada’

Setelah melaksanakan semua rukun haji, muslim perlu melaksanakan tawaf wada’, yaitu mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali sebelum meninggalkan tanah suci.

BACA JUGA:   Undang Undang Nomor 13 Tahun 2008 Tentang Ibadah Haji

Kesimpulan

Pelaksanaan ibadah haji merupakan ibadah yang sangat penting bagi setiap muslim yang mampu. Agar ibadah haji diterima oleh Allah SWT, muslim harus melaksanakannya dengan benar dan tepat sesuai dengan aturan dan tata cara yang telah dijelaskan di atas. Selain itu, muslim juga harus mempersiapkan segala sesuatunya sebelum berangkat ke tanah suci agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan tenang dan khusuk. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat bagi muslim yang akan menunaikan ibadah haji.